Doa Lupa Baca Doa Makan Teks Arab, Latin dan Artinya

"Bacalah doa ini ketika kamu lupa membaca doa sebelum makan."

Life | 23 August 2022, 16:50
Doa Lupa Baca Doa Makan Teks Arab, Latin dan Artinya

Banyak sekali bentuk rezeki yang Allah berikan kepada umat Islam. Makan adalah salah satu bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Saat makan, kamu pasti akan merasakan nikmatnya bau, nikmat rasa dan nikmat kenyang.

Sejalan dengan itu, Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk berdoa di setiap aktivitas termasuk makan. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda: 

Sebagaimana yang telah disebutkan oleh An-Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar,

روينا في كتاب ابن السني عن عبد اللّه بن عمرو بن العاص رضي اللّه عنهما عن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم أنه كان يقول في الطعام إذا قُرِّبَ إليه : ” اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ “

Artinya: "Telah diriwayatkan dalam kitab Ibnus Sunni dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ketika makanan didekatkan kepadanya, beliau biasa mengucapkan “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah."

Perlu diketahui bahwa membaca basmalah ketika makan dipahami sebagai perintah anjuran, menurut mayoritas ulama. sementara sebagian ulama yang lain memahaminya sebagai perintah wajib, mengingat dzahir perintah.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Daun.id

unplash.com

Berikut ini adalah doa yang dapat kamu baca sebelum makan dan sesudah makan.

Doa Sebelum Makan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ

Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr, bismillâh.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ wa saqânâ wa ja‘alanâ minal muslimîn.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh."

Doa Ketika Lupa Membaca Doa Sebelum Makan

Daun.id

pexels.com

Karena berdoa sangat dianjurkan, maka sebaiknya bacalah berdoa sebelum makan. Namun jika kamu lupa membaca doa sebelum makan, bacalah doa berikut ini.

Berikut ini adalah doanya.

بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu.

Artinya: "Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya."

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih).

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah (atas nama Allah SWT)."

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya