Doa Sebelum Baca Yasin dan Keistimewaannya, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Baca doa ini terlebih dahulu, baru kemudian membaca surat Yasin."

Life | 25 August 2022, 21:52
Doa Sebelum Baca Yasin dan Keistimewaannya, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Surat Yasin merupakan surat yang penuh dengan keutamaan dan sering dibaca ketika malam jumat. Selain itu juga dibaca sebelum melakukan tahlil atau menjadi pembuka tahlil. Tahlil merupakan bacaan doa untuk mendoakan arwah orang yang sudah meninggal dunia. Bahkan tahlil sudah menjadi tradisi di masyarakat tanah Jawa. Setiap malam jumat, kebanyakan masyarakat Jawa akan membaca tahlil secara berjamaah.

Uniknya tahlil yang digelar itu dilakukan bertempat di rumah masyarakat secara bergiliran dan bergantian. Surat Yasin biasanya menjadi rangkaian pembuka sebelum membaca tahlil. Selain itu juga digunakan untuk mendoakan arwah orang yang meninggal. Bisa dilakukan dari rumah maupun saat berziarah di makam, baik secara individu atau berjamaah. Dalam membaca surat yasin bisa diawali dan diakhiri dengan membaca doa pula.

Sebelum dan sesudah membaca surat Yasin ada beberapa doa yang dapat dibaca. Secara lengkapnya akan kami bahas di bawah ini.

Doa sebelum baca yasin

Daun.id

sumber; pexels.com

Dikutip dari beberapa sumber, sebelum membaca surat Yasin ada beberapa doa yang dapat dibaca . Berikut ni bacaan doa sebelum baca yasin :

  اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وصَحْبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ ...

Ilana hadhrotin nabiyyi shollallohu 'alaihi wa sallam wa aalihii wa shohbihi syaiilillahi lahum alfaatihah ....

Artinya, “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Untuk yang terhormat Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga, dan para sahabatnya. Bacaan Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah…

Membaca surat al fatihah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ. اَمِينْ

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm. Al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn. Ar-raḥmānir-raḥīm. Māliki yaumid-dīn. Iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn. Ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm. Sirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terlontar. Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang maha pengasih lagi maha penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami menyembah. Hanya kepada-Mu pula kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Kauanugerahi nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. Semoga Kaukabulkan permohonan kami.

Setelah membaca surat al fatihah bisa langsung membaca surat Yasiin dan bisa langsung disambung membaca bacaan tahlil.

Keistimewaan baca Yasin

Daun.id

sumber; pexels.com

Surat Yasin merupakan urutan surat dalam Al Quran yang ke 36, surat ini memiliki banyak keistimewaan jika dibaca secara istiqomah. Bahkan sutat Yasin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat muslim. Berikut ini beberapa hadits yang menjelaskan tentang keistimewaan membaca surat Yasin :

مَنْ قَرَأَ (يس) فِيْ لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَوَجْهِ اللّٰهِ غُفِرَلَهُ فِيْ تِلْكَ الَّليْلَةِ

Artinya : Barang siapa yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharap wajah Allah maka ia akan diampuni pada malam itu. (HR. Ad-Darimi: II/457)

Sebagian besar ulama menganjurkan membaca surat yasin setiap malam jumat, sebab memiliki beberapa keistimewaan seperti berikut  :

1. Membaca surat yasin setiap malam jumat memiliki beberapa keistimewaan. Allah akan memberikan keimanan yang kuat.

2. Allah akan meringankan serta memudahkan keluarnya ruh bagi orang yang sedang menghadapi sakaratul maut. Jika surat yasin ini dibacakan di depan orang yang sedang sakaratul maut.

3. Allah dapat meringankan siksa ahli kubur dan mendapat ampunan. Jika surat yasin dibaca pada saat sedang berziarah kubur di makam.

4. Allah dapat mengampuni dosa orang untuk yang lampau maupun yang akan datang. Jika surat yasin dibaca disuatu malam dengan mengharapkan ridha Allah SWT.

5. Surat Yasin merupakan hati Al Quran, bagi siapa yang membacanya akan diberikan pahala sebanding dengan pahala membaca sepuluh kali Al Quran.

Demikianlah beberapa keistimewaan membaca surat yasin yang dapat diketahui. Jadi sayang sekali, jika seumur hidup belum pernah membaca surat yasin sama sekali.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya