Doa Menjelang Ramadhan Agar Memperoleh Keberkahannya, Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Saat jelang ramadhan perbanyaklah baca doa ini."

Life | 28 August 2022, 08:05
Doa Menjelang Ramadhan Agar Memperoleh Keberkahannya, Teks Arab, Latin, dan Artinya

Ramadhan merupakan bulan suci yang dimuliakan oleh Allah SWT, banyak keutamaan yang bisa kita temukan di dalamnya. Maka, kita juga harus berbahagia saat sedang menyambut bulan suci Ramadhan. Beruntunglah orang-orang yang diberi umur panjang hingga dapat berjumpa dengan bulan suci Ramadhan. Pada bulan Ramadhan, setiap amal kebaikan yang dilakukan dapat bernilai pahala yang berlipat ganda.

Dalam urutan kalender hijriyah, bulan Ramadhan jatuh setelah bulan Syaban dan Rajab. Kedua bulan tersebut termasuk bulan yang dimuliakan diluar bulan suci Ramadhan. Saat sudah memasuki bulan Rajab, seorang muslim sudah mulai menyiapkan diri. Salah satu upaya menyiapkan diri ini dengan memperbanyak amalan ibadah atau berbuat amal kebaikan yang lainnya. Selain itu juga memperbanyak dzikir dan membaca doa saat jelang Ramadhan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah saat jelang Ramadhan. Melakukan puasa sunnah dan beberapa amalan lainnya. Bulan Ramadhan sangat disayangkan jika hanya dibiarkan lewat begitu saja. Sehingga harus diisi dengan amalan kebaikan yang bernilai ibadah. Termasuk memperbanyak bacaan doa dan dzikir, lebih lengkapnya akan kami ulas di bawah ini.

Doa menjelang Ramadhan

Daun.id

sumber; pexels.com

Saat jelang bulan suci Ramadhan memang sudah seharusnya kita mempersiapkan diri. Agar saat memasuki bulan Ramadhan sudah terbiasa dengan beberapa amalan kebaikan. Berikut ini doa yang dapat dibaca saat menjelang Ramadhan :

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma baariklanaa fiirajaba wasya'baana wabalighnaa romadhina

Artimya: "Ya Allah sampaikanlah aku dengan selamat ke Ramadhan, selamatkan Ramadhan untukku dan selamatkan aku hingga selesai Ramadhan".

Doa di atas dapat dibaca ketika sudah memasuki bulan rajab atau 2 bulan sebelum memasuki bulan suci ramadhan (Syaban).

- Doa saat melihat hilal bulan ramadhan

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahillahu 'alaina bil amni, wal imani, was salamati, wal islami. Rabbi wa rabbukallahu. Hilalu rusydin wa khairin.

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan Ramadan yang telah mendatangi kami dalam keadaan aman dan beriman, dalam keadaan selamat dan Islam. Wahai bulan sabit! Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Dan sungguh engkau adalah bulan yang baik dan telah memberi petunjuk kepada kami."

Doa menyambut ramadhan

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan

Artinya: "Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat] kepada [bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku (juga) dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan".

Itulah sederet bacaan doa yang dapat diamalkan saat menjelang Ramadhan. Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia, sudah seharusnya kita menghiasi diri dengan memperbanyak ibadah di bulan tersebut.

Kemuliaan bulan Ramadhan sesuai hadits

Daun.id

sumber; pexels.com

Kemuliaan bulan suci ramadhan ini telah didasari melalui beberapa hadits yang berbunyi seperti berikut ini ;

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. menuturkan, “Rasulullah s.a.w. bersabda, “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun

Kemuliaan bulan suci ramadhan memang sudah seharusnya dimaksimalkan dengan menjadikan diri sebaik-baiknya. Sehingga mendapat banyak hikmah dan pelajaran, semoga dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya