Doa Menghilangkan Santet dari Tubuh sesuai Ajaran Rasulullah

"Hilangkan santet dari tubuh."

Life | 28 August 2022, 17:33
Doa Menghilangkan Santet dari Tubuh sesuai Ajaran Rasulullah

Santet merupakan kependekan dari mesisan benthet atau mesisan kanthet yakni sebuah usaha guna melukai seseorang dari jarak jauh dengan memakai ilmu hitam.

Melansir buku The Secret of Santet oleh Masruri, santet umumnya memiliki tujuan guna membuat korbannya sengsara, miskin, sakit, hingga tewas. Santet umumnya juga dilakukan agar memikat seseorang memakai guna-guna atau pelet.

Sebagai seorang muslim kita wajib menyandarkan diri kepada Allah dalam menghadapi hal tersebut. Sehingga, kamu dapat membaca doa atau ayat-ayat Al-Qur'an yang dapat dapat menangkal santet tersebut. Berikut ini doa-doanya, yakni:

1. Surat Al Muawwidzat

Kamu dapat mengamalkan surat Al Muawwidzat (surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq dan surah An-Nas) sebagai penangkal santet. Hal tersebut telah dijelaskan oleh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir al-Munir. Pandangan itu telah disandarkan dalam hadis dari Aisyah mengenai kebiasaan Rasulullah membaca surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq dan surah An-Nas sebelum tidur. Berikut ini hadisnya:

عن عائشة أن النبى – صلى الله عليه وسلم – كان إذا أوى إلى فراشه كل ليلة جمع كفيه ثم نفث فيهما فقرأ فيهما (قل هو الله أحد) و (قل أعوذ برب الفلق) و (قل أعوذ برب الناس) ثم يمسح بهما ما استطاع من جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلَّاتٍ َ

Artinya: "Dari Aisyah ra bahwasanya nabi Muhammad SAW jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dalam terbukanya dan membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan tersebut, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali." (HR. Bukhari).

2. Doa yang  pernah diamalkan oleh Rasulullah

Selain, surat Al  Muawwidzat kamu dapat membaca doa yang pernah diamalkan oleh Rasulullah. Doa ini mampu menangkal dan meleyapkan sihir pada tubuh, keluarga, atau yang berada di rumah. Berikut ini bacaannya, yaitu:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

A'udzu bi kalimaatillahit tammati min kulli syaithonin wa hammatin wa min kulli ‘ainin laamatin

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun, dan pengaruh ‘ain yang buruk." (Doa ini juga tertulis dalam hadis riwayat Bukhari nomor 3371.)

3. Ayat Kursi

Selanjutnya, kamu dapat membaca ayat kursi sebagai penangkal santet. Ayat kursi memang dikenal sebagai salah satu surat yang dipercaya mampu menghilangkan dan mengusir jin dalam tubuh kita. Ayat kursi sendiri meruapkan Surat Al Baqarah ayat 255 dan dibaca ketika berada di luar ruangan. Berikut ini bacaan ayat kursi, yakni:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. Al Baqoroh: 255)

Adapun caranya yakni dengan menghadap ke arah barat (kiblat) dan bacakan sebanyak tujuh kali, kemudian menghadap ke arah selatan serta membaca Ayat Kursi tujuh kali, menghadap ke arah timur dengan membaca sebanyak tujuh kali, mengarah ke arah utara dan membacanya sebanyak tujuh kali, dan mengarah ke arah barat lagi dan baca sebanyak tujuh kali. Selanjutnya, ditambah menghadap arah ke atas dan baca sebanyak tujuh kali dan ke arah bawah lafalkan sebanyak tujuh kali.

Nabi Muhammad juga bersabda yang artinya, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya