Doa Kehilangan Barang Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Tetaplah tenang, lalu bacalah doa di bawah ini."

Life | 29 August 2022, 15:41
Doa Kehilangan Barang Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Kehilangan merupakan suatu kondisi yang sangat mengesalkan, baik itu kehilangan apapun. Terutama pada saat kita kehilangan suatu benda atau barang yang menurut kita sangat berharga. Penyebab hilangnya suatu bendapun juga beragam, ada yang sengaja dicuri orang lain, lupa, atau memang tertinggal pada suatu tempat.

Dalam kondisi ini, perasaan akan diselimuti kekacauan, seperti rasa kesal, kecewa, sedih dan lain sebagainya. Ikhtiar pencarian barang yang hilangpun dilakukan, namun sayang belum dipertemukan juga. Meski kondisi pikiran dan hati sangat kacau, sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu agar dapat mengambil langkah yang tepat.

Islam dalam keadaan apapun juga menganjurkan umat muslim untuk berdoa, terlebih dalam kondisi yang demikian. Ikhtiar mencarinya memang tetap harus dilakukan, namun apa artinya ikhtiar jika tanpa doa. Agar ikhtiar yang dilakukan menjadi lebih lengkap, maka harus diiringi dengan membaca doa.

Doa kehilangan barang

Daun.id

sumber; pexels.com

Ketika kehilangan suatu barang yang berharga, orang-orang akan berusaha keras dalam melakukan pencarian. Dalam hal ini sebaiknya juga melibatkan Allah, agar ikhtiar menjadi sempurna. Membaca beberapa doa perlu dilakukan agar kita dibantu oleh Allah SWT, berrikut ini doa kehilangan barang :

اَللّٰهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ، اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allâhumma yâ jâmi‘an nâsi liyaumin lâ raiba fîh, ijma’ bainî wa baina dlâllatî fî khairin wa ‘âfiyah.

Artinya: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah,”

Demikian bacaan doa yang dapat dibaca pada saat kita kehilangan suatu barang. Usahakan tetap berprasangka positif saat kehilangan suatu barang. Semoga selalu mendapat bantuan dari Allah SWT.

- Doa kehilangan barang versi teks Latin

Doa pertama

Allahumma huwa maluka wa rizquka wa ana 'abduka khowwaltani hina razaqtanii. Allahumma fa alhimni syukraka fihi wash shabra 'alaihi hina ashobta wa akhodzta. Allahumma anta a'thoita wa anta ashobta. Allahumma la tuhrimni tsawabahu wa la tunsini min kholfihi fi dunyaya wal akhirati innaka 'ala kulli syai-in qodir. Allahumma ana laka wa bika wa ilaika wa minka la amliku linafsi dhorran wa la naf'an.

Artinya: "Ya Allah, ia adalah harta dan rezeki-Mu, dan aku adalah hamba-Mu, Engkau mempercayaiku ketika Engkau memberi aku rezeki. Ya Allah, beri aku ilham untuk bersyukur pada-Mu dengannya, dan beri aku kesabaran atasnya ketika Engkau mencabut dan mengambilnya. Ya Allah, Engkau memberi dan Engkau mencabut. Ya Allah, jangan Engkau halangi aku untuk mendapatkan pahalanya dan jangan Engkau lupakan aku setelahnya di duniaku dan akhiratku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku milik-Mu, bersama-Mu, menuju kepada-Mu, dan berasal dari-Mu, aku tidak memiliki diriku sendiri untuk mendatangkan bahaya maupun manfaat."

Doa kedua

Ya haadiyadl-dlalli wa raddadl dlallati urdud 'alayya dhallati bi 'izzatika wa sulthonika wa innaha min 'athoika wa fadllika.

Artinya: "Ya Allah, Dzat yang memberi petunjuk bagi orang tersesat, yang mengembalikan barang hilang, kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari pemberian dan karunia-Mu."

Itulah beberapa doa kehilangan barang yang ditulis dengan menggunakan teks latin. Hal ini untuk membantu dan memudahkan bagi yang belum bisa membaca teks Arab. Jadi usahakan tetap tenang pada saat kehilangan barang.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya