Doa Sholat Ashar dan Tata Cara Lengkapnya, Teks Arab, Latin, Artinya

"Lakukan sholat ashar sesuai dengan tata caranya, berikut bacaan doanya."

Life | 29 August 2022, 18:53
Doa Sholat Ashar dan Tata Cara Lengkapnya, Teks Arab, Latin, Artinya

Sholat ashar ialah salah satu sholat wajib dari lima waktu yang harus didirikan setiap orang muslim. Sholat ini dilakukan pada sore hari setelah waktu sholat dhuhur berakhir hingga terbenamnya matahari. Sholat menjadi bagian dari tiang agama, mendirikan sholat termasuk salah satu upaya menegakkan tiang agama. Selain itu sholat juga menjadi salah satu rukun Islam, jadi dalam keadaan apapun tetap harus dilaksanakan.

Begitu juga dengan sholat ashar, termasuk sholat wajib yang tak dapat ditinggalkan. Karena memiliki hukum wajib, jika dilakukan akan mendapatkan suatu pahala, sedangkan jika ditinggalkan mendapatkan dosa atau siksa. Untuk melaksanakan sholat ashar juga memiliki bacaan doa niat tersendiri. Jadi setiap sholat wajib, memiliki bacaan lafal niatnya berbeda-beda.

Niat termasuk salah satu rukun sholat yang tidak bisa ditinggalkan, menjadi salah satu penentu sah atau tidak sahnya sholat. Adapun bacaan doa niat sholat ashar akan kami bahas secara detail di bawah ini.

Doa sholat ashar

Daun.id

sumber; pexels.com

Setiap melaksanakan sholat ada bacaan doa niat tersendiri, sholat ashar dapat dilakukan secara berjamaah ataupun sendiri-sendiri. Berikut ini bacaan doa lengkapnya :

- Niat sholat ashar sebagai imam

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhol 'ashri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala

Artinya : "Aku berniat shalat fardhu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala"

- Niat sholat ashar sebagai ma'mum

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhol 'ashri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala

Artinya : "Aku berniat shalat fardhu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala"

- Niat sholat ashar secara individu atau sendiri

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhol 'ashri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya : "Aku berniat shalat fardhu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

Demikianlah macam-macam bacaan doa atau niat sholat ashar sesuai dengan posisi Anda pada saat melaksanakan sholat ashar.

Tata cara pelaksanaan sholat ashar

Daun.id

sumber; pexels.com

Dalam melaksanakan sholat lima waktu hampir memiliki tata cara yang sama pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah rakaat dan waktu. Sholat ashar memiliki 4 rakaat. Berikut ini tara cara lengkapnya :

1. Takbiratul ihram, yaitu mngucap kalimat Allâhu Akbar diawal shalat. Dengan takbiratul ihram, berarti menandakan sudah benar-benar masuk dalam shalat. Sehingga, harus menghentikan seluruh aktivitas di luar gerakan sholat.

2. Melafalkan niat bersamaan pada saat takbiratul ihram.

3. Berdiri bagi yang mampu. Jika tidak mampu berdiri bisa dilakukan dengan dudu. Jika tidak mampu duduk dapat dilakukan dengan berbaring.

4. Membaca surat al-Fatihah. Bila tidak bisa maka membaca ayat apa pun dalam surat dalam Al-Qur’an yang diketahuinya. Boleh membaca dzikir-dzikir bila tak satu pun ayat yang diketahui. Jika tetap tak bisa maka cukup dengan berdiam yang lamanya seukuran orang membaca al-Fatihah.

5. Ruku’ dan membaca kalimat "subhâna rabbiyal ‘adhîmi wa bihamdihi", (Maha suci Tuhanku yang maha agung dengan segala pujian-Nya). Dibaca sebanyak tiga kali.

6. I’tidal dengan membaca kalimat "Sami’allâhu liman hamidah rabbanâ lakal hamdu", “(semoga Allah mengabulkan panjatan doa hamba yang memuji-Nya).

7. Sujud dengan membaca kalimat doa, "subhâna rabbiyal a’la wa bihamdihi", (mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi dengan segala pujian-Nya). Dibaca sebanyak tiga kali.

8. Selanjutnya, duduk di antara dua sujud dengan membaca kalimat, "Rabbighfirlî warhamnî wajburnî warfa’nî warzuqnî wahdinî wa‘âfinî wa‘fu ‘annî", (Ya Tuhan, ampunilah diri ini, sayangilah, perbaikilah, dan angkatlah derajat hamba, berilah hamba rizki dan ampunan sebanyak-banyaknya).

9. Thuma’ninah atau yang disebut diam, tidak bergerak sejenak, dilakukan dalam empat rukun sebelumnya.

10. Membaca bacaan doa tasyahud akhir. Secara pendeknya seperti berikut ini; "Attahiyyatu lillah salamun ‘alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakatuh, salamun ‘alaina wa ‘ala ibadillah as-sholihin", (Penghormatan terbesar teruntuk Allah ﷻ, keselamatan, kasih sayang, juga aliran berkah semoga selalu bagi sang baginda Nabi, dan semoga kesejahteraan menyelimuti orang-orang yang saleh). Disambung dengab beberapa bacaan di bawah ini ;

11. Membaca shalawat Nabi setelah membaca tasyahud akhir.

12. Duduk guna membaca shalawat Nabi, tasyahud akhir, dan salam.

13. Mengucapkan salam (Assalâmualaikum warahmatullâh).

14. Tertib atau dilakukan secara berurutab dalam melakukan setiap rukun di atas.  

Demikianlah doa dan tata cara yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan sholat ashar. Lakukanlah sholat ashar sesuai dengan rukunnya, jangan lupa membaca doa niat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya