Doa Supaya Lancar Buang Air Besar, Bisa Dibaca saat Alami Susah BAB

"Agar supaya lancar, dan bisa diamalkan saat alami kesusahan BAB"

Life | 30 August 2022, 06:26
Doa Supaya Lancar Buang Air Besar, Bisa Dibaca saat Alami Susah BAB

Kebutuhan untuk membuang hajat adalah hal yang sudah menjadi bagian alami seluruh makhluk hidup bernapas. Karena setiap waktu hal tersebut hampir selalu menagih dan menjadi kebutuhan yang harus dikeluarkan oleh tubuh makhluk hidup.

Apabila tidak dikeluarkan akan menyebabkan sakit, dan ketidakberesan pada sistem organ yang ada di tubuh. Seperti salah satunya yang selalu memiliki permasalahan yang dialami manusia ialah buang air besar. Jika salah makanan atau kekurangan serat dan air dalam tubuh, masalah buang air besar akan menjadi permasalahan. Berbagai tips dan cara agar buang air besar sudah banyak tersebar di berbagai sosial media.
Daun.id

sumber: pixabay.com

Seperti makan sayur yang banyak, buah, air dan menjaga pola makan yang baik. Dengan seimbang dan tetap terjaga semua kebutuhan untuk tubuh. Selain itu dalam Islam juga terdapat doa untuk membantu supaya lancar buang air besar.

Juga dalam agama Islam ada doa yang sering dipanjatkan oleh Nabi Nuh ketika selesai membuang air besar maupun kecil.

Berikut ini adalah doanya:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذَاقَنِي لَذَّتَهُ، وَأَبْقَى مَنْفَعَتَهُ فِي جَسَدِي، وَأَخْرَجَ عَنِّي أَذَاهُ

Latin: Alhamdu lillahil ladzii adzaaqonii ladzdzatahuu wa abqoo manfa’atahuu fi jasadii wa akhroja ‘annii adzaahu.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah merasakan kepadaku kelezatan makanan, dan melestarikan manfaatnya dalam tubuhku, dan mengeluarkan dariku keburukan atau penyakitnya.”

Bacaan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Nuh setelah buang air besar dan air kecil di atas merupakan salah satu cara agar diberikan kelancaran saat buang air.
Daun.id

sumber: pixabay.com

Hal itu seperti yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah yang terkandung dalam kitab Al-Mushonnaf Ibn Syaibah Jilid 2. Yang membuktikan bahwa hal tersebut memang dianjurkan langsung oleh Rasullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda:

حَدَّثَتْنَا أُمُّ النُّعْمَانِ، أَنَّ عَائِشَةَ، حَدَّثَتْهَا، عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: إِنَّ نُوحًا عَلَيْهِ السَّلَامُ لَمْ يَقُمْ عَنْ خَلَاءٍ قَطُّ إِلَّا قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذَاقَنِي لَذَّتَهُ، وَأَبْقَى مَنْفَعَتَهُ فِي جَسَدِي، وَأَخْرَجَ عَنِّي أَذَاهُ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Ummu Al-Nu’man, bahwa Sayyidah Aisyah menceritkan kepadanya, dari Nabi Saw, beliau bersabda; Sesungguhnya Nabi Nuh sama sekali tidak pernah meninggalkan tempat buang air besar dan kecil kecuali dia mengucapkan; Alhamdu lillahil ladzii adzaaqonii ladzdzatahuu wa abqoo manfa’atahuu fi jasadii wa akhroja ‘annii adzaahu.”

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya