Doa Tahiyat Akhir Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah doa Tahiyat Akhir teks Arab, Latin dan Artinya."

Life | 30 August 2022, 17:00
Doa Tahiyat Akhir Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya

Sholat merupakan ibadah yang paling utama bagi umat Muslim. Sholat ini adalah ibadah yang pertama kali di hisab ketika hari perhitungan. Dijelaskan dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda, yang artinya:

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya."

Sehingga amat penting untuk selalu menjaga sholat lima waktu. Dalam pelaksanaan sholat adalah kewajiban bagi umat Islam dan harus dilakukan tepat waktu dan benar. Tidak hanya itu, gerakan dan bacaan sholat juga harus tepat dan benar. Berikut adalah bacaan sholat di rukun sholat Tahiyat Akhir.

Doa Tahiyat Akhir Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id

unplash.com

Melansir buku “Risalah Tuntunan Shalat Lengkap” oleh Moh. Rifa’i, sebelum tahiyat akhir, kamu juga harus membaca bacaan tahiyat awal.

Bacaan tahiyat awal dan tahiyat akhir sebetulnya tidak berbeda karena yang membedakan hanyalah penambahan selawat nabi.

Adapun bacaan tahiyat akhir dan artinya sebagai berikut ini.

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

“Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatulillaah. Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh. Assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah.

Allaahumma shalli’alaa muhammad, wa’alaa aali muhammad. Kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. Wabaarik’alaa muhammad wa alaa aali muhammad. Kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.”

“Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya