Cara Membuat PPT di Laptop, Mudah Dipraktikkan

"Cara membuat Power Point (PPT) sangat mudah, ikuti cara berikut ini."

Tech | 15 September 2022, 16:15
Cara Membuat PPT di Laptop, Mudah Dipraktikkan

Salah satu softwere yang amat digemari oleh masyarakat untuk melakukan presentasi adalah Power Point. Seperti halnya Excel dan Word, Power Point ini juga merupakan softwere yang dikembangkan oleh Microsoft.

Dengan menggunakan Power Point kegiatan-kegiatan seperti seminar, workshop, dan pembelajaran di sekolah menjadi lebih mudah dan efektif. Dengan banyaknya fitur dan pilihan, hal tersebut sangat baik guna menunjang kegiatan-kegiatan seperti di atas.

Dalam pembuatan Power Point, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan selain dari materi yang kamu sampaikan. Misalnya adalah, kamu tidak disarankan untuk menulis seluruh bahasan materi dari jurnal atau makalah kamu dalam Power Point. Namun sebaliknya, kamu disarankan untuk menulis poin-poinnya saja.

Pada pembahasan kali ini, Daun.id akan memberikan ulasan mengenai cara Membuat PPT yang baik.


Cara Membuat Power Point yang Baik di Laptop

Daun.id

istimewa

Membuat Power Point sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu memasukan materi dan tambahan-tambahan penjelas seperti foto, tabel hingga grafik. Namun jika hanya demikian, Power Point kamu tidak akan menarik untuk audien.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti agar Power Point kamu menjadi menarik untuk dilihat audien, dan meteri kamu dapat didengarkan dan dipahami oleh audien.

Pelajari dan Pahami Materi
Sebelum membuat Powerpoint kamu harus mengetahui terlebih dulu materi apa yang akan kamu masukan ke Power Point. Kamu harus membaca dulu materinya agar kamu mudah saat memasukan materi bahasan.

Dengan memahami materi ketika membuat Power Point, itu juga akan memudahkan kamu saat menyampaikan materi.

Buat Kata Kunci
Setelah mempelajari materi, langkah selanjutya adalah membuat rangkuman singkat dari materi. Kemudian ambil poin-poin penting atau kata kunci yang akan kamu sampaikan ketika presentasi.

Saat membuat Power Point jangan terlalu banyak memasuk kata yang panjang. Masukan saja kata atau poin materi dengan singkat dan ringkas.

Sesuaikan Konsep Desain dengan Materi
Buatlah materi dan slide yang sesuai dengan konsep desain Power Point. Sebagai contoh bila akan menyampaikan materi tentang konsep jualan makanan maka slide Powerpoint harus menggambarkan tentang bisnis.

Buat Materi dengan Konsep yang Konsisten

Gunakanlah fitur Slide Master untuk menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti font, gambar, warna background slide, dan lain-lain yaitu menggunakan Slide Master. Yang perlu kamu atur selanjutnya adalah menyesuaikan ukuran slide.

Kenali Fitur-Fitur pada Power Point

Daun.id

istimewa

Untuk dapat membuat materi Power Point yang baik, kamu juga perlu mengenali fitur-fitur di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dapat kamu pelajari untuk memudahkan untuk membuat Power Point.

Fitur Animasi

Fitur animation dapat pengguna gunakan untuk membuat animasi di Power Point. Berbagai bahan dapat kalian animasikan mulai dari gambar, teks, ataupun bentuk. Sementara itu di antara animasi yang bisa digunakan yakni efek masuk muncuk, efek masuk pudar, efek masuk terbang, efek masuk pisah, efek masuk bilah acak, efek zoom, efek kotak, efek layar, efek garis-garis, efek putar, efek tranparansi, efek warna garis, efek sapuan, efek papan dam dan seterusnya.

Fitur Transisi dan Fitur Sound
Fitur transisi dapat pengguna gunakan untuk membuat transisi di Power Point. Di mana dengan transisi ini dapat memberi efek untuk perpindahan slide Power Point. Fitur sound dapat ditambahkan untuk memasukkan musik pada Power Point baik itu gambar, teks, atau bentuk.

Fitur Duration
Fitur duration dapat ditambahkan untuk mengatur waktu dari slide di Power Point.

Fitur Advance Slide
Advance slide dapat pengguna gunakan untuk mengatur cara perpindahan ke slide selanjutnya dengan klik mouse ataupun mengatur waktu perpindahannya.

Fitur Slide Show
Fitur slide show dapat pengguna gunakan untuk mengatur slide show secara mudah.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya