Cara Membuat Diagram Lingkaran dari Tabel

"Buat diagram lingkaran secara tepat."

Tech | 16 September 2022, 13:00
Cara Membuat Diagram Lingkaran dari Tabel

Diagram lingkaran merupakan grafik yang merepresentasikan data dalam bentuk lingkaran. Diagram lingkaran memudahkan untuk membandingkan datamu dengan jumlah semua data. Saat membuat diagram lingkaran,  lingkaran lengkap dibagi menjadi beberapa segmen menggunakan jari-jari lingkaran untuk membandingkan data satu sama lain.

Di sisi lain, tabel ialah bentuk bagan yang menyajikan data yang disusun dalam  kolom dan pemisah yang berbeda. Setelah memahami apa itu diagram lingkaran, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara mempublikasikan diagram lingkaran  dari diagram. Sangat mudah untuk membuat diagram lingkaran, baik dalam derajat atau persentase, artinya, kami menggunakan rumus perhitungan sudut untuk membandingkan setiap bagian data, sebagai berikut:
Daun.id

Sumber: Word

- Ruas sudut = (Nilai data / total data) x 360°

Saat data sudah diketahui hendak diubah dalam bentuk persen (%), pada setiap data yang hendak dimasukkan dalam diagram lingkaran, rumus yang dapat digunakan ialah sebagai berikut:

- Nilai persen = (Nilai data/total data) x 100%

Dari penjelasan tersebut, maka dapat simpulkan bahwa cara dan langkah membuat sebuah diagram lingkaran ialah sebagai berikut:
Daun.id

Sumber: Word

- Menghitung keseluruhan data dari segala nilai di tabel.
- Menghitung besarnya sudut pada setiap bagian data memakai rumus: (Nilai data / total data) x 360°.
- Atau apabila nilainya hendak diubah pada persen, kamu dapat dipakai rumus persamaan: (Nilai data/total data) x 100%.
- Kemudian, membuat lingkaran utuh dan membagi-bagi lingkaran jadi beberapa ruas yang besar sudutnya disesuaikan dengan data. (Dengan membagi ruas besarnya sudut mampu dengan mudah apabila memakai busur derajat).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya