Cara Membuat Video Pembelajaran yang Efisien dan Mudah

"Biar tidak kebingungan"

Tech | 19 September 2022, 18:00
Cara Membuat Video Pembelajaran yang Efisien dan Mudah

Daun.id - Selama pandemi berlangsung, semua kegiatan selalu dilakukan dengan basis daring atau online. Mulai dari sekolah hingga kegiatan belajar mengajar pun dilakukan melalui daring. Semua dituntut untuk membiasakan dan terbiasa dalam keadaan serba tidak pasti tersebut.

Awalnya merasa kesulitan, bagaimana caranya melakukan melalui daring, hingga akhirnya menemukan sendiri pembelajaran yang tepat. Terlebih anak sekolah yang tentunya belum terbiasa akan hal ini. Salah satunya yakni dengan membuat video pembelajaran yang biasa dilakukan oleh para guru atau aplikasi belajar video untuk membantu anak-anak belajar.

Meski kegiatan belajar mengajar telah aktif seperti sedia kala. Namun salah pembelajaran melakui video ini juga masih dilakukan. Juga kian diminati banyak orang. Tapi kalau masih bingung cara pembuatannya, simak selengkapnya:
Daun.id

sumber: pixabay

1. Tulis Skenario
Sama seperti membuat film, membuat video pembelajaran juga membutuhkan skenario, lho. Skenario ini berfungsi sebagai pemandu ke mana arah pembicaraan kita ketika direkam nanti. Tulis ringkasan materi bahan ajar yang nantinya bisa dibacakan di depan kamera.

2. Proses Rekaman
Nah, bagi kita berprofesi sebagai Guru yang punya kamera digital atau DSLR, boleh menggunakan kamera ini. Sediakan tripod dan lighting untuk mendukung proses rekaman agar lebih bagus dan stabil. Apabila tidak punya, sebenarnya bisa menggunakan kamera smartphone. Terlebih di masa kini, kamera smartphone pun sudah banyak sekali yang bagus dan jernih.

Jika tidak yakin suara akan terekam dengan baik dan jelas, kita bisa menyediakan alat voice recorder atau menggunakan smartphone, lalu letakkan di saku baju atau yang dekat dengan mulut.

3. Cari Ilustrasi
Ketika sudah merekam seluruh materi, langkah selanjutnya ialah memastikan video tersebut didukung oleh ilustrasi yang tepat. Misalnya saja tabel, diagram, animasi, gambar, atau data-data lain. Pastikan kita mencantumkan sumber saat memasukkan ilustrasi ini ke dalam video, ya.

4. Proses Editing
Daun.id

sumber: pixabay

Ketika rekaman video dan ilustrasi sudah terkumpul, saatnya meng-edit video pembelajaran, nih. Ada banyak software yang bisa digunakan, misalnya saja Movie Maker dari Windows, Adobe Premiere, Corel Video Studio, dan lain-lain.

Dalam proses ini, kita juga dituntut untuk bisa berkreasi dan berpikir out of the box agar video pembelajaran bisa tetap seru, menyenangkan, dan tidak membuat jenuh siswa. Jika video dan ilustrasi sudah tergabung, silakan render video dalam format mp4 atau lainnya yang sesuai dengan ketentuan.

5. Proses Unggah/Upload
Bila videonya sudah jadi, langkah terakhir yang harus kita lakukan ialah mengunggahnya ke portal belajar atau situs web seperti Youtube. Daftarkan diri terlebih dulu di portal belajar atau situs web terkait, lalu pilih unggah video. Bila proses mengunggah sudah berhasil, maka kita bisa membagikan URL video pembelajaran tersebut pada para siswa.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network