Unik, Lifehack DIY Bikin Seisi Rumah Terang Hanya dengan Botol Plastik Bekas

"Bisa jadi inspirasi nih"

Life | 20 September 2022, 18:14
Unik, Lifehack DIY Bikin Seisi Rumah Terang Hanya dengan Botol Plastik Bekas

Daun.id - Rumah rasanya tak bakal lengkap ketika tidak dilengkapi dengan instalasi listrik guna mengalirkan daya untuk beberapa perabot rumah tangga. Salah satunya agar lampu atau penerangan dalam rumah kita menyala secara optimal. Lampu sudah menjadi barang wajib yang harus ada dalam rumah untuk penerangan siang ataupun malam hari.

Beberapa orang mengakali menggunakan genting tembus pandang yang terbuat dari kaca. Namun itu hanya bisa digunakan untuk tipe atau jenis rumah yang menggunakan atap bijian. Lain halnya untuk beberapa tipe rumah yang biasanya menggunakan asbes sebagai atap rumah. Karena didesain set per lembar, maka hal itu tak memungkinkan jika memakai genting kaca untuk pencahayaan.

Pada sebuah video yang beredar di jagat maya, ada trik life hack DIY yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membuat seisi rumahmu terang, terutama saat siang hari hanya dengan menggunakan sebuah botol plastik bekas.


Seperti apa caranya? Yuk kita simak.

Sebelumya kamu hanya perlu satu atau 2 botol bekas air mineral plastik yang trasparan. Usahakan yabg berukuran besar.  Kemudian pilih ruangan yang kiranya akan kamu kasih pencahayaan.

Langkah pertama, lubangi atap rumah anda denga diameter sebesar botol plastik tadi. Setelah berlubang, selanjutnya kamu bisa masukkan air ke dalam botol lalu memasukkannya ke dalam lubang seperti gambar berikut.

Daun.id

Youtube Komet Kreativitas

Dan terakhir rekatkan dengan semen atau lem. Maka sinar matahari di luar sana bisa terpantul secara optimal ke botol tadi yang kemudian akan terpancar menerangi ruangan tersebut.

Daun.id

Youtube Komet Kreativitas

Botol tersebut bisa bertahan selama kurang  lebih 3-5 bulan sebelum akhirnya berlumut dan harus diganti. Ya, cara ini sangat ekonomis namun sayangnya hanya berfungsi saat mentari bersinar. Setidaknya patut dicoba dong.

Daun.id

Youtube Komet Kreativitas


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network