7 Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Presentasi di Kelas

"Presentasimu bisa menjadi lebih kece dan keren."

Tech | 26 September 2022, 16:40
7 Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Presentasi di Kelas

PPT atau powerpoint merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat hendak melakukan presentasi. Kamu tentu saja ingin mengetahui cara membuat PPT yang menarik, agar hasil presentasimu dapat keren dan kece.

Berikut ini merupakan cara membuat PPT yang menarik, yakni:

1. Pilih judul yang sesuai
Daun.id

Sumber: Data Pribadi

Cara membuat PPT yang menarik ialah dengan memilih judul yang sesuai. Pembuatan judul adalah salah satu hal penting guna membawakan suatu topik saat presentasi. Dengan demikian, buat judul dengan ringkas dan padat. Upayakan tidak membuatnya cukup panjang, sebab bisa membuatnya tidak menarik.

2. Sesuaikan template

Sebelum membuat isi tulisan di slide, upayakan kamu harus menentukan desain slide presentasi itu. Cara membuat PPT menarik ialah dengan memilih desain sesuai kehendak, namun upayakan posisinya konsisten dengan layout lain. Lalu pemilihan font, warna bullet dan warna tema harus sesuai supaya terlihat rapi serta enak dilihat. Kamu dapat menyesuaikannya di menu view dan pilih slide master, serta atur semenarik mungkin. Memainkan kontrak di warna latar belakang dan teks juga penting supaya audiens tidak terlalu terganggu dengan warna yang terlalu mencolok.

3. Pilih jenis font

Kamu dapat memilih jenis font yang tepat supaya dapat membuat PPT menjadi lebih menarik. Hal ini sebab font akan memudahkan audiens, ketika melihat dan membacanya. Maka, pilih jenis font Helvetica atau Arial dan upayakan tidak memakai font yang cukup menyempit. Upayakan juga bahwa font itu mudah terbaca. Judulnya dapat memakai ukuran minimal 48, supaya pas dan tidak kekecilan. Untuk isi, sesuaikan dengan keinginan. Pakai juga spasi 1,5, supaya jarak antarkalimat di isi, supaya tertata dan enak dilihat.

4. Ukuran page

Ukuran page atau slide usahakan rassionya 16:9. Terlebih jika versi presentasi PowerPoint mempunyai ukuran default 16:9 sebagai presentasi baru.

5. Pakai grafik dan gambar
Daun.id

Sumber: Data Pribadi

Cara membuat PPT yang menarik ialah dengan memakai grafik dan gambar yang tepat. Upayakan supaya gambar tidak mempunyai resolusi terlalu tinggi, agar filenya tidak begitu besar. Tidak hanya itu, kamu bisa memakai gambar yang sesuai kebutuhan presentasi kamu. Selanjutnya, jangan membuat gambar terlihat penuh di slide supya tidak padat, maka akan kurang enak dilihat. Sehingga, sisakan ruang di sisi slide itu. Hindari pemakaian animasi kecuali untuk presentasi tertentu. Pakai sedikit grafik, supaya menarik minat audiens saat presentasi.

6. Sesuaikan jumlah slide

Microsoft merekomendasikan supaya jumlah slide tidak terlalu banyak, namun sesuai dengan kehendak. Maka, upayakan supaya teks tetap sederhana dengan memakai poin atau kalimat ringkas serta mudah dimengerti.

7. Periksa ejaan dan tata bahasa

Cara membuat PPT yang menarik ialah dengan memakai ejaan dan tata bahasa telah sesuai.  Terlebih, apabila presentasi atau PPT itu dilakukan di hadapan klien atau dosen. Dengan demikian, periksa kembali ejaan dan tata bahasa secara baik dan benar.

Tips membuat PPT yang menarik

Berikut ini tips membuat PPT yang menarik, yakni:

- Jangan terlalu banyak gambar, kamu dapat membuat secara simpel.
- Jauhi pemakaian banyak warna di slide.
- Selanjutnya, pilih warna lembut pada slide.
- Kemudian, pakai font yang tegas misalnya roboto, helvetica, noto atau open sans.
- Upayakan desain atau template sesuai dengan pembahasanmu, apabila membahas mengenai tanaman maka jauhi clipart Spiderman atau kartun.
- Bagi basic presentasi kamu dapat memakai 6 layout template.
- Kemudian, cari bahan referensi slide presentasi pada slidesgo.com (install, drop, dan sesuaikan).

Menghapus slide PPT di HP
Daun.id

Sumber: Data Pribadi

Apabila kamu sedang membuka slide power point di HP dan bingung cara menghapusnya. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

- Buka aplikasi WPS Office.
- Selanjutnya, di tampilan aplikasinya, pilih menu Pengelola File > PPT.
- Lalu, masukkan file PPT yang hendak dihapus slidenya.
- Sesudah masuk menuju tampilan power point, silakan tekan tombol Edit dibagian pojok kiri sebelah atas.
- Kemudian, klik slide yang hendak dihapus, secara otomatis akan muncul pilihan menu yakni Hapus, Menu Salin, Salin Latar Belakang, dan lainnya.
- Apabila hendak menghapus slide power point di HP, silakan tekan menu Hapus.
- Seingga slide yang telah dihapus akan hilang dari daftar slide yang tampil.
- Terakhir, tekan tombol selesai yang terdapat di bagian kiri sebelah atas.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya