5 Cara Membuat Notifikasi WA Suara Google Tanpa Aplikasi, Simpel

"Ketahui tata caranya"

Tech | 28 September 2022, 18:23
5 Cara Membuat Notifikasi WA Suara Google Tanpa Aplikasi, Simpel

Semakin berkembanganya teknologi, semakin banyak pula aplikasi bahkan fitur-fitur ponsel yang menyediakan beragam kemudahan untuk menunjang keinginan atau sekadar mengekspresikan diri melalui aplikasi dan fitur tersebut. Seperti membuat berbagai konten dengan foto, dan video. Juga mengekspresikan dalam bentuk mendesain hp menjadi unik.

Salah satu di antaranya seperti membuat nada dering lucu dan berbeda. Yang sekarang banyak sekali diminati oleh muda-mudi ialah dengan menggunakan suara dari Google yang begitu khas. Penasaran bagaimana cara mengubah nada dering tersebut. Yang akan membuat suara dari nada dering, alat komunikasi. Seperti yang sering digunakan untuk nada dering pada WhatsApp menjadi lebih seru dan lucu. Yuk simak:
Daun.id

sumber: pixabay


1. Buat Suara Google di HP Android
Salah satu aplikasi untuk menghasilkan suara Google yang sangat populer adalah Soundoftext.com wed. Selain gratis, aplikasi ini termasuk yang paling mudah untuk digunakan sekalipun untuk pemula. Berikut langkah-langkah membuat suara Google dalam format MP3 menggunakan aplikasi sound of text:

- Klik situs berikut ini: soundoftext.com
- Ketikkan tulisan yang ingin dibuat menjadi nada dering pada kolom Text
- Pilih bahasa tulisan kamu pada kolom Voice dan ketuk opsi Indonesian jika memilih untuk menggunakan bahasa Indonesia
- Klik tombol Submit
- Download suara Google dalam format MP3 dengan mengklik tombol DOWNLOAD di bagian kolom Sounds
- Simpan file mp3 tersebut di memori internal ponsel

Selain Sound of text seperti cara di atas, bisa juga memanfaatkan aplikasi text to speech serupa seperti freeTTS ataupun Botika text to speech yang memang khusus untuk suara robot natural berbahasa Indonesia.

2. Cara Pakai Nada Dering WA Suara Google Bahasa Jawa, Sunda, Korea
Selain cara paling populer yaitu membuat nada dering suara Google menggunakan situs sound of text, juga bisa mengkreasikan suara Google untuk jadi nada dering dalam berbagai macam karakter suara. Berikut beberapa daftar situs yang bisa dipilih untuk membuat nada dering suara Google lebih keren dan unik:

- Voiceoftext.com: nada dering suara Google Jawa
- Voicemaker.in: nada dering sound of text bayi
- Wideo text to speech: nada dering suara pria
- Fakeyou: nada dering sound of text anime
- Botika text to speech: nada dering sound text wanita manja

3. Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp
Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengganti nada dering default bawaan aplikasi WhatsApp dengan suara Google yang sudah disiapkan pada tahap awal diatas tadi. Berikut panduan singkat menambahkan nada dering di hp Android dan mengubah nada dering WA dengan suara robot Google text to speech:

- Buka folder di Android kamu menggunakan aplikasi File Manager, My FIles, atau File Explorer
- Pilih Internal Storage atau apapun nama yang menunjukkan penyimpanan internal ponsel.
- Selanjutnya, cari folder Notifications dan simpan atau pindahkan file MP3 suara Google ke dalam folder tersebut

4. Cara buat nada dering di android
Jika suara Google tadi sudah berhasil ditambahkan menjadi nada dering di Android, selanjutnya tinggal mengubah nada dering notifikasi di aplikasi WhatsApp. Caranya buka aplikasi WA, klik icon titik tiga di kanan atas aplikasi, ketuk menu Settings, pilih Notification, ketuk Notification tone, lalu pilih file MP3 yang sudah disimpan ke dalam folder Notifications tadi.

Selesai, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sudah berhasil mengganti nada dering WA dengan suara Google tanpa aplikasi. Dan suara nada dering tersebut bisa digunakan dan diatur untuk nada dering bawaan.

5. Cara Alternatif Ganti Nada Dering WA dari Lagu Mp3Daun.id

sumber: pixabay

Selain dengan cara di atas, bisa juga mengganti nada dering WhatsApp secara langsung lewat pengaturan default di hp Android. Adapun langkah-langkahnya cukup mudah, tinggal mengkuti langkah berikut ini:

- Buka Pengaturan/Settings di App Drawer Android
- Pilih menu Sounds and vibrations
- Masuk ke menu Ringtones lalu ketuk tombol Add ringtones atau icon plus (+) di bagian atas
- Pilih file mp3 atau lagu yang ingin ditambahkan sebagai nada dering wa, lalu simpan
- Selesai, nada dering dari lagu mp3 sudah berhasil ditambahkan ke dalam daftar ringtone WhatsAp
p

Selanjutnya, dapat mengubah nada dering seperti biasa lewat pengaturan WhatsApp. Sangat mudah bukan menggunakan metode di atas, apalagi untuk tipe hp Android yang tidak tersedia menu File manager ataupun Explorer di hpnya. Dapat menambah serta mengubah nada dering wa dari file mp3 kustom tanpa harus menginstall aplikasi tambahan apapun.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 16 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya