Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar, Mudah dan Cepat

"Begini cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar, ketahui juga kelebihan dan kekurangan pembayaran listrik pasca bayar dan prabayar."

Tech | 18 October 2022, 18:28
Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar, Mudah dan Cepat

Pembayaran listrik dapat kamu lakukan dengan menggunakan dua cara. Yaitu dengan pembayaran pasca bayar dan pembayaran prabayar. Pembayaran pasca bayar adalah metode pembayaran listrik yang sistem pembayaranya dilakukan di akhir bulan. Pembayaran tersebut adalah akumulasi dari satu bulan pemakaian listrik.

Sementara pembayaran listrik prabayar adalah sistem pembayaran yang pembayaran dilakukan di awal dengan sistem pulsa. Pada sistem pembayaran prabayar, penggunaan listrik yang bisa kamu gunakan adalah sesuai dengan jumlah pulsa yang dibeli.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang cara melihat nomor meteran listrik pasca bayar beserta kelebihan dan kekurangan litrik pasca bayar dan prabayar. 


Kelebihan dan Kekurangan Listrik Pasca Bayar dan Prabayar

Daun.id

istimewa

Ada dua jenis metode pembayaran listrik yang digunakan di Indonesia. Yaitu listrik pasca bayar dan juga prabayar. Kedua jenis pembyaran tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan usalan tentang kelebihan dan kekurangan listrik pasca bayar dan prabayar.

Kelebihan Sistem Pascabayar

- Listrik selalu tersedia sampai tenggat waktu pembayaran di akhir bulan.

- Tidak perlu repot melakukan isi ulang pulsa listrik saat kehabisan listrik.

Kelemahan Sistem Pascabayar
- Pemakaian bisa melampaui batas dan jumlah pembayarannya pun tinggi.

- Ada denda bila pembayaran listrik menunggak, bahkan bisa dipadamkan oleh PLN.

- Petugas PLN sering masuk ke pekarangan rumah, sehingga bisa melanggar privasi.

Kelebihan Sistem Prabayar
- Pemakaian listrik setiap hari dapat diawasi.

- Pemakaian listrik bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

- Tidak ada biaya keterlambatan pembayaran.

- Bisa dibeli di loket pembayaran listrik secara online

- Cocok digunakan untuk pemilik usaha rumah kontrakan atau kos-kosan.

- Tidak akan terjadi kesalahan pencatatan meteran listrik oleh petugas.

- Sistemnya bersifat rahasia (20 angka digit pulsa listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik sendiri, tidak bisa diisikan ke meteran lain).

Kekurangan Sistem Prabayar
- Bila pulsa listrik habis di waktu yang tidak terduga, pelanggan harus siap voucher cadangan.

- Sering bermasalah saat proses pengisian maupun pembelian.

- Meteran lebih sensitif dan mudah mengalami kerusakan.


Cara Melihat Nomor Meteran Listrik Pasca Bayar

Daun.id

istimewa

Nomor meteran disebut juga dengan id PLN. Untuk bisa melihat nomor meteran listrik pasca bayar, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Melihat dengan Struk Tagihan
Dalam struk tagihan pembayaran pada bulan sebelumnya sudah tertulis secara jelas ID pelanggannya. Untuk memudahkan kamu dalam mencarinya di kemudian hari, pastikan kamu menyimpan struk tagihan tersebut secara baik.

Melihat dengan Kartu PLN
Selain cara di atas, kamu juga bisa mengetahui ID pelanggan dengan membaca kartu PLN. Seperti yang diketahui, kartu PLN seringkali diberikan ketika anda melakukan pendaftaran listrik. Di dalam kartu PLN tersebut terdapat nomor meter yang adalah ID pelanggan PLN kamu.

Melihat dengan Meteran Listrik
ID pelanggan PLN juga bisa kamu lihat dari meteran listriknya. Umumnya, ID pelanggan PLN terdiri dari 11 sampai dengan 12 digit angka.

Melihat dengan Struk Pembayaran e-Commerce
Jika kamu melakukan pembayaran dengan memanfaatkan situs e-commerce, maka anda bisa cek ID pelanggan dengan membuka e-mail yang berisikan bukti pembayaran tagihan listrik. Dalam struk tersebut, kamu bisa melihat secara jelas mengenai ID pelanggan PLN kamu.

Melihat dengan Call Center PLN
Cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar lainnya yaitu dengan menghubungi call center PLN. Kamu bisa menghubungi via telepon maupun mengirim pesan dengan WhatsApp. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi PLN melalui akun media sosialnya, seperti Twitter dan Facebook. Bahkan kamu juga bisa hubungi via e-mail. Adapun nomor WhatsApp PLN yaitu 123, telepon (kode area) 123, akun Twitter @pln_123, Facebook PLN 123 dan e-mail pln123@pln.co.id. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya