Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama, Praktis dan Mudah Dilakukan

"Langkah praktis mencari NIK KTP berdasarkan nama."

Tech | 24 October 2022, 20:33
Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama, Praktis dan Mudah Dilakukan

Kemajuan teknologi memang dapat banyak membantu manusia, namun tak dapat dipungkiri terkadang juga membingungkan. Banyak yang bertanya-tanya terkait persoalan mencari NIK KTP melalui nama lengkap seseorang. NIK memiliki kepanjangan yaitu Nomor Induk Kependudukan, NIK sendiri merupakan sebuah nomor identitas yang sangat penting untuk dimiliki penduduk.

Nomor ini terdiri dari 16 digit yang diambil dari 2 digit awal (kode provinsi), 2 digit selanjutnya (kode kota/kabupaten), 2 digit setelahnya (kode kecamatan), 6 digit berikutnya terdiri dari tanggal lahir pemilik (tanggal, bulan, dan tahun), 4 digit terakhir merupakan nomor urut. Jadi setiap orang memiliki nomor NIK yang berbeda-beda.

NIK memiliki kegunaan yang sangat penting sebagai pelengkap berkas atau dokumen tertentu. Misalnya, saat mendaftar aplikasi tertentu, melamar pekerjaan, mendaftar bank, dan beberapa keguanaan lainnya. Jadi NIK ini sangat penting untuk dijaga kerahasiaannya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Warga Negara Indonesia (WNI), baru bisa mendapatkan KTP ketika sudah berusia minimal 17 tahun. Jadi ketika sudah memasuki usia 17 tahun, KTP baru akan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL). Sering munculnya pertanyaan "apakah mencari NIK KTP berdasarkan nama dapat dilakukan?". Nah, sahabat daun akan mencoba melakukan beberapa penelusuran dari beberapa sumber.

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama

Daun.id

Sumber; Playstore

Beberapa sumber coba kami akses, hingga melalui website resmi Kemendagri. Namun, cara mencari NIK KTP berdasarkan nama tidak ditemukan oleh sahabat daun. Mencari NIK KTP berdasarkan nama hanya dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi kantor desa setempat (sesuai alamat KTP). Dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada para petugas yang berada di kantor desa.

Artinya mencari NIK KTP berdasarkan nama tidak dapat dilakukan berdasarkan nama saat melalui online. Jika Anda kehilangan KTP sebaiknya langsung melapor ke petugas yang ada di kantor desa. Mintalah surat keterangan dari desa, lalu lanjutkan membuat laporan kehilangan ke polsek terdekat dan diteruskan ke kantor kecamatan terdekat.

Dengan langkah ini, Anda dapat mengajukan permohonan untuk penerbitan KTP melalui kantor kecamatan. Agar dapat diterbitkan KTP baru, dokumen di atas harus dilengkapi. Selanjutnya tunggulah beberapa minggu untuk mendapat KTP baru yang nantinya nomor NIK secara otomatis sudah tertera di dalamnya.

Cara Mencari NIK KTP Dengan Benar

Daun.id

sumber; playstore

Cara ini dapat dilakukan dengan mengunjungi alamat website resmi milik Kemendagri. Bukalah situs tersebut dan lakukan pengecekkan NIK KTP secara online. Berikut ini langkahnya:

- Bukalah peramban internet melalui google atau chrome.
- Klik laman pencarian, lalu masukkan alamat https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.
- Untuk masuk ke dalamnya, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu, jika sudah memiliki maka langsung dapat masuk.
- Pada menu halaman utama, carilah menu e-KTP.
- Selanjutnya masukkan nomor NIK pada kolom yang sudah tersedia.
- Selanjutnya, tekan enter dan tunggu beberapa saat. Jika NIK KTP valid maka akan terkoneksi.

Demikianlah cara melihat NIK KTP secara online yang dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa cara online lainnya dapat dilakukan dengan melalui whatsapp, twitter, dan instagram resmi akun Dukcapil.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya