2 Cara Mencari Jarak Sebenarnya, Sekaligus Pada Peta

"Rumus ini dapat menemukan jarak sebenarnya."

Tech | 28 October 2022, 17:48
2 Cara Mencari Jarak Sebenarnya, Sekaligus Pada Peta

Mencari jarak sebenarnya ini akan menjadi sangat penting ketika kita sedang membaca sebuah peta. Pada umumnya dalam gambar peta pasti disertai keterangan skala guna perbandingan. Misalnya 1:50.000, 1:500.000, 1:5.000.000 dan beragam perbandingan lainnya. Angka tersebut dipasang memiliki makna tersendiri sebagai suaatu pertanda.

Peta merupakan sebuah gambar yang digunakan untuk menggambarkan suatu lokasi dengan detail. Mulai dari jalan, gunung, sungai, batas wilayah, hingga beberapa hal lainnya. Saat kita membuka gambar peta melalui offline, pasti akan kita dapati angka skala yang tertulis seperti di atas. Skala peta memiliki fungsi untuk mengukur perbandingan wilayah yang sebenarnya dengan ukuran yang tertulis.

Maka, skala itu menjadi penting untuk dapat membaca jarak yang sebenarnya. Misalnya kita mau mencari jarak sebenarnya antara kota A dan kota B dengan melihat peta. Jika pada peta tertulis skala 1:5.000.000, berarti setiap 1 cm pada peta sama dengan 5.000.000 cm pada jarak sebenarnya. Untuk mengetahui secara detailnya dapat dilakukan beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mencari Jarak Sebenarnya

Daun.id

sumber; pexels.com

Jarak sebenarnya dapat dicari dengan berpatokan melalui skala yang tertulis pada peta. Namun dalam tahap ini dapat juga dilakukan dengan menguji beberapa rumusnya. Berikut ini langkah untuk mengetahui jarak sebenarnya:

1. Cara mencari jarak sebenarnya

Untuk melakukan uji rumus, perlu disiapkan soal terlebih dahulu. Misalnya, Jarak antara kota B dengan kota S pada peta diketahui 10 cm. Sedangkan peta tersebut memiliki skala 1:5.000.000, berapakah jarak sebenarnya antara kota B dengan kota S?

Jarak Sebenarnya = Jarak Pada Peta X Skala
= 10 cm X 5.000.000
= 50.000.000 cm
= 500 KM

Nah, itulah contoh soal sekaligus rumus dalam mencari jarak sebenarnya. Melihat langkah di atas Anda perlu menemukan skala peta dan jarak kota pada peta terlebih dahulu.

2. Cara mencari jarak pada peta

Selain dapat mencari jarak sebenarnya, kita juga dapat melakukan pencarian jarak pada peta. Perhatikan contoh soal berikut ini; Jarak antara kota B dengan kota S sejauh 300 KM atau 30.000.000 CM. Sedangkan pada skala peta tertulis 1:5.000.000, berapakah jarak sebenarnya pada peta antara kota S dengan kota B?

Jarak Pada Peta = (Jarak Sesungguhnya ÷ Skala)
= 30.000.000 ÷ 5.000.000
= 6 CM

Maka dalam jarak 6 CM pada peta memiliki jarak sebenarnya sejauh 300 KM. Untuk mencari jarak sebenarnya, harus sudah mengetahui jarak sebenarnya dan skala terlebih dahulu. Baru kemudian dapat melangkah dengan rumus penghitungan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencari jarak sesungguhnya. Rumus-rumus di atas dapat dihafal, agar dapat menafsir jarak melalui peta atau yang sebenarnya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya