Cara Mencari Diameter Lingkaran Beserta Contohnya

"Untuk mencari panjang diameter lingkaran tidak sulit, ikutilah cara berikut ini."

Life | 01 November 2022, 06:08
Cara Mencari Diameter Lingkaran Beserta Contohnya

Salah satu bentuk bangun datar dua dimensi adalah lingkaran. Lingkaran ini dapat didefinisikan sebagai sebuah bangun datar yang tersusun dari kurva dan bukan garis lurus dan tidak termasuk sebuah poligon. Bangun datar lingkaran ini tidak memiliki siku-siku seperti halnya bangun datar lainya.

Benda-benda yang memiliki bentuk lingkaran diantaranya adalah ban mobil, gelas, jam dinding, uang koin dan masih banyak lagi. Lingkaran terpotong menjadi dua sisi setimbang yang memiliki luas dan keliling yang sama oleh garis diameter. Lingkaran memiliki jumlah sudut 360 derajat. Namun jika terpotong oleh garis diameter, sudutnya masing-masing menjadi 180 derajat.

Selain diamter, lingkaran juga memiliki jari-jari yang menghubungkan antara titik pusat dengan titik busur lingkaran. Sebuah lingkaran ini adalah sebuah bangun ruang yang memiliki simetri lipat dan simetri putar yang tidak terhingga.

Lingkaran sebagai bangun dua dimensi hanya memiliki luas dan keliling saja. Selain yang telah dijelaskan di atas, lingkaran memiliki unsur-unsur yang tidak dimiliki bangun datar lain. Unsur-unsur tersebut adalah titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, tembereng, dan apotema merupakan beberapa unsur dalam lingkaran yang perlu kamu ketahui. Himpunan semua titik dengan jarak yang sama terhadap sebuah titik tertentu disebut lingkaran.

Unsur-unsur Lingkaran yang Harus Kamu Tau

Setelah memahami pengertian lingkaran, selanjutnya kamu juga harus mengenal unsur-unsur lingkaran yang akan mempermudah kamu untuk menghitung keliling dan luas sebuah lingkaran. Simak penjalasan berikut ini.

1. Titik Pusat (P)
Titik pusat merupakan unsur lingkaran pertama yang perlu kamu ketahui. Titik yang berada tepat di bagian tengah lingkaran disebut titik pusat. Jarak titik pusat dengan semua titik pada bangun datar yang satu ini selalu sama.

2. Jari-jari Lingkaran (r)
Unsur selanjutnya ialah jari-jari lingkaran. Jari-jari dapat diartikan sebagai jarak antara titik pusat lingkaran dengan titik pada lingkaran. Panjang jari-jari pada sebuah lingkaran selalu sama karena jarak antara titik pusat dengan semua titik pada lingkaran sama. Dalam rumus matematika, jari-jari kerap disimbolkan dengan huruf r atau yang disebut radius.

3. Diameter (d)
Diameter adalah unsur lingkaran berikutnya yang akan dibahas. Panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran dapat diartikan sebagai diameter. Dapat dikatakan bahwa nilai diameter lingkaran merupakan dua kali nilai jari-jari lingkaran. Diameter kerap disimbolkan dengan huruf d.

4. Busur
Busur adalah bagian lingkaran yang berbentuk garis lengkung merupakan pengertian dari busur. Jenis busur dalam lingkaran terbagi menjadi dua, yakni busur besar dan busur kecil. Busur yang panjangnya lebih dari setengah keliling lingkaran disebut sebagai busur besar. Sementara busur yang panjangnya kurang dari setengah keliling lingkaran disebut busur kecil.

5. Tali Busur
Garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lingkaran disebut sebagai tali busur. Garis lurus tersebut mengaitkan dua titik pada keliling lingkaran, tetapi tidak melewati titik pusat lingkaran. Tali busur lingkaran sama seperti tali pada busur panah.

6. Juring
Daerah yang diapit oleh dua jari-jari dan busur lingkaran merupakan pengertian dari juring sebagai unsur lingkaran. Juring pada lingkaran terdiri atas dua bagian, yakni juring besar dan juring kecil. Dimana daerah dalam lingkaran yang dibatasi jari-jari dan busur besar lingkaran disebut juring besar. sementara daerah dalam lingkaran yang dibatasi jari-jari dan busur kecil disebut sebagai juring kecil.

7. Tembereng
Daerah yang diapit oleh tali busur dan busur lingkaran dapat diartikan sebagai tembereng. Kemudian tembereng terbagi menjadi dua, yakni tembereng besar dan tembereng kecil. Daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur besar lingkaran disebut sebagai tembereng besar. Sedangkan daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur kecil lingkaran disebut tembereng kecil.

8. Apotema
Apotema adalah ruas garis tegak lurus yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran diartikan sebagai apotema. Kemudian apotema juga dapat diartikan sebagai jarak terpendek tali busur dengan titik pusat lingkaran.

9. Sudut Pusat
Sudut pusat adalah sebuah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara dua tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran disebut sebagai sudut pusat.

10. Sudut Keliling
Sudut keliling adalah sudut yang dibentuk oleh perpotongan antara dua buah tali busur di suatu titik pada keliling lingkaran dapat dikatakan sebagai sudut keliling.

Rumus Keliling Lingkaran dan Luas Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

Terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan untuk menghitung keliling lingkaran, yakni jika diketahui diameter (d) atau jika diketahui jari-jari (r). Keliling lingkaran dapat dihitung dengan mengetahui nilai Pi (π) dan jari-jari atau radius lingkaran (r) atau diameter lingkaran (d).

Rumus keliling lingkaran adalah K = 2πr atau K = πd. K merupakan lambang keliling lingkaran. Sedangkan nilai π yaitu 22/7 atau 3,14.

Jika diketahui diameter, maka rumus keliling lingkaran adalah K = πd.
Daun.id

istimewa

Contoh:
Jika diketahui jari-jari, maka rumus keliling lingkaran adalah K = 2πr.

Keliling lingkaran = 2 x π x r
= 2 x 22/7 x 7 cm²
= 44 cm²

Rumus Luas Lingkaran

Lingkaran memiliki bentuk lengkung atau melingkar pada seluruh sisinya. Luas lingkaran dapat dihitung dengan mengetahui nilai Pi (π) dan jari-jari lingkaran (r). Rumus luas lingkaran adalah L = π × r × r . L merupakan lambang luas lingkaran. Sedangkan nilai π yaitu 22/7 atau 3,14.
Daun.id

istimewa

Contoh:
Sebuah lingkaran mempunyai diameter 14 cm. Tentukanlah!

Pembahasan:
Luas lingkaran = π x r x r
= 22/7 x 7cm x 7cm
= 154 cm²
= 1,54 m²

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya