Cara Mencari Sisi Miring Segitiga Beserta Contohnya

"Cari sisi miring segitiga dengan mudah."

Life | 01 November 2022, 15:34
Cara Mencari Sisi Miring Segitiga Beserta Contohnya

Rumus phytagoras adalah sebuah ketentuan matematika yang dipakai guna menentukan ukuran sisi di segitiga siku-siku. Dalam kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang rumus phytagoras mencari sisi miring di segitiga siku-siku serta contoh soalnya. Segitiga siku-siku adalah jenis segitiga yang salah satu sudutnya 90°. Dalam segitiga siku mempunyai sisi alas, sisi tegak, dan sisi miring. Sisi alas dan sisi tegak merupakan sisi yang berjunpa di sudut siku-siku, sedangkan sisi miring adalah sisi terpanjang di segitiga siku-siku.

Hubungan antara ketiga sisi  segitiga siku-siku bisa dinyatakan pada rumus phytagoras. Rumus phytagoras adalah rumus yang berasal dari dalil teorema phytagoras yang ditemukan oleh ilmuwan matematika Yunani kuno yang dikenal dengan Pythagoras. Pada teorema phytagoras menjelaskan bahwa: “Kuadrat panjang sisi miring pada segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi lainnya”. Sehingga, rumus phytagoras bisa dituliskan, yakni:

c2= a2 + b2

Keterangan:

a = sisi alas segitiga siku-siku
b = sisi tegak segitiga siku-siku
c = sisi miring segitiga siku-siku

Contoh soal:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sebuah segitiga siku-siku memiliki ukuran sisi miring 15 cm dan sisi tegak 12 cm. Berapa panjang sisi alas segitiga siku-siku itu?

Penyelesaian:

a² = c² – b²
a² = 15² – 12²
a² = 225 – 144
a² = 81
a = √81
a = 9 cm

Sehingga, panjang sisi alas segitiga siku-siku ialah 9 cm.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya