Cara Mencari Akar Pangkat 2 Termudah, Berikut Contohnya²

"Untuk mendapatkan akar pangkat dua cari angka kecil hingga besar kamu bisa melakukanya dengan cara ini."

Life | 01 November 2022, 21:35
Cara Mencari Akar Pangkat 2 Termudah, Berikut Contohnya²

Akar pangkat dua dengan nilai angka yang besar kadangkala akan membuat kamu kesulitan untuk menghitungnya. Dalam sebuah operasi bilangan, akar pangkat 2 seringkali muncul dan menghambat pengerjaan operasi bilangan tersebut.

Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang cara menghitung akar pangkat 2 yang termudah dan tercepat. Namun sebelumnya, sebaiknya kita juga mengenal dan mengerti dasar-dasar penghitungan akar pangkat 2.

Pengertian Akar Pangkat dua

Akar kuadrat (√) atau akar pangkat dua adalah bilangan yang dihasilkan atau berasal dari perkalian angka yang sama atau serupa. Nilai akar pangkat 2 suatu bilangan x adalah y dimana berlaku x = y², dengan x dan y bilangan real. Akar kuadrat dapat ditulis sebagai berikut: √x = y dan dibaca "akar kuadrat dari x sama dengan y".

Untuk memahami konsep akar kuadrat, kita perlu memahami konsep perpangkatan khususnya perpangkatan 2. Contoh:

√144 = 12
Karena 12² = 12 × 12 = 144

Cara Mencari Akar Pangkat 2

Untuk bisa menemukan akar pangkat dua atau akar kuadrat. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menguraikan masalah tersebut. Berikut ini adalah metode-metode untuk mencari akar pangkat 2.

Mencari Akar Pangkat 2 dengan Metode Ekstraksi (Longhand Method)
Berdasarkan catatan J.B Calvert (1999), metode ekstraksi (longhand method) merupakan yang paling mudah untuk digunakan. Metode ini bekerja dengan memisahkan 2 digits bilangan yang dihitung. Selain itu, terdapat banyak metode lain untuk menghitung akar kuadrat seperti metode logaritma (tercepat) atau dengan metode aritmatika yang lebih akurat.

- Memahami Perpangkatan 2
Daun.id

istimewa

- Mengekstrak Bilangan
Untuk mengekstrak bilangan dimulai 2 digits dari satuan.
Daun.id

istimewa

- Mencari akar ekstraksi pertama dari kiri

- Mencari akar ekstraksi selanjutnya
1. Proses pengurangan.

2. Menurunkan ekstraksi selanjutnya.

3. Mencari pasangan perkalian dari 2x nilai akar ekstraksi.

- Melakukan langkah 4 hingga menemukan hasil terdekat.

Contoh Menghitung Akar Pangkat 2 dengan Perkalian


Akar kuadrat 4 adalah 2. Angka 4 merupakan bilangan bulat. Bilangan ini berasal dari perkalian 2x2 yang menghasilkan angka 4.

Akar kuadrat 36 adalah 6. Angka 36 merupakan bilangan bulat. Bilangan ini berasal dari perkalian 6x6 yang menghasilkan angka 36.

Akar kuadrat 64 adalah 8. Angka 64 merupakan bilangan bulat. Bilangan ini berasal dari perkalian 8x8 yang menghasilkan angka 64.

Akar kuadrat 144 adalah 12. Angka 144 merupakan bilangan bulat. Bilangan ini berasal dari perkalian 12x12 yang menghasilkan angka 144.

Contoh Menghitung Akar Pangkat 2 dengan Pembagian


Akar kuadrat 9 adalah 3. Angka yang bisa membagi 9 adalah angka 3, seperti 9:3 menghasilkan angka 3. Sudah tidak bisa dibagi lagi dan bisa dikalikan dengan dirinya sendiri.

Akar kuadrat 25 adalah 5. Angka yang bisa membagi 25 adalah angka 5, seperti 25:5 menghasilkan angka 5. Sudah tidak bisa dibagi lagi dan bisa dikalikan dengan dirinya sendiri.

Akar kuadrat 36 adalah 6. Angka yang bisa membagi 36 adalah angka 2, 3, 6, dan 12. Jika menggunakan angka 2, maka hasilnya 12 dan masih bisa dibagi lagi. Bilangan kecil memang mudah ditemukan, tetapi membuat proses lebih panjang.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya