Cara Mencari Laba Bersih dan Laba Kotor, Lengkap Contohnya

"Untuk mencari laba bersih dan laba kotor mudah banget, berikut kami berikan ulasan lengkap beserta contohnya."

Life | 04 November 2022, 18:28
Cara Mencari Laba Bersih dan Laba Kotor, Lengkap Contohnya

Salah satu meteri yang harus dipahami ketika memulai sebuah bisnis adalah cara mencari laba bersih dan laba kotor. Sebagai seorang pebisnis, sudah semestisnya harus memahami tentang laba bersih dan laba kotor. Penting untuk mengetahui cara mencari laba bersih dan laba kotor agar keungan bisa terkelola dengan baik.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan kamu ulasan tentang bagaimana cara mencari laba bersih dan juga laba kotor. Selain cara mencari laba bersih dan laba kotor, kami juga akan memberikan uraian tentang laba bersih dan laba kotor.

Pengertian Laba Bersih dan Laba Kotor

Laporan laba bersih (net profit) dan laba kotor (gross profit) adalah sebuah laporan keuangan yang digunakan dalam perusahaan dagang dalam sebuah bisnis. Laba kotor adalah hasil perhitungan harga pokok penjualan, sementara laba bersih memperhitungkan semua beban perusahaan. Keduanya wajib dihitung untuk mengetahui sejauh mana keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Laba bersih adalah sisa pendapatan yang didapat secara murni setelah dikurangi untuk gaji, pajak, biaya produksi, maupun suku bunga. Sedangkan laba kotor adalah semua pendapatan yang didapatkan dari penjualan, sebelum dikurangi biaya lain-lainnya, seperti gaji pegawai, pembayaran bunga, pajak, dan biaya overhead.

Tujuan perhitungan laba bersih dan laba kotor yaitu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan keuangan perusahaan, dalam menghasilkan penjualan dan keuntungan atau laba. Keduanya bisa diketahui dengan menggunakan rumus.

Manfaat Menghitung Laba Bersih dan Kotor

Mengetahui laba bersih dan laba kotor sangat penting dan sangat diperlukan guna menentukan arah kinerja perusahaan selanjutnya. Berikut ini manfaat menghitung laba bersih dan laba kotor.

Manfaat Mengetahui Laba Bersih:

- Membantu menentukan stabil tidaknya keuangan perusahaan.

- Sebagai daya tawar untuk investor menanamkan modal di perusahaan kamu.

- Sebagai acuan untuk bank atau kreditur memberi pinjaman modal.

- Sebagai cara untuk melihat perusahaan berkembang atau tidak.

- Sebagai bahan evaluasi untuk menentukan strategi bisnis di tahun depan.

- Sebagai acuan untuk membuat rencana jangka panjang.

Manfaat Mengetahui Laba Kotor:

- Mengukur kinerja manajemen dalam mengelola perusahaan.

- Sebagai bahan evaluasi bagian produksi yang bertugas menjaga biaya produksi dan HPP.

- Untuk menganalisa naik turunnya HPP.

- Analisa harga jual produk dan menentukan target harga jual yang ideal.

- Sebagai bahan evaluasi untuk tim pemasaran atau penjualan.

Cara Mencari Laba Bersih dan Laba Kotor

Cara Menghitung Laba Bersih
Laba bersih adalah laba kotor dikurangi biaya atau beban yang belum dikurangi dari pendapatan. Komponen biaya yang biasanya dikurangi dari laba kotor adalah: Pajak, biaya operasional, bunga jika ada pinjaman ke bank, biaya penyusutan, dan lain sebagainya.

Rumus Laba Bersih
Daun.id
laba1.jpg


Contoh Kasus:

Toko Kue Andra memiliki laba kotor dari penjualan di tahun 2021 sebesar Rp 33.000.000. Laba kotornya belum dikurangi beban biaya lain, seperti: Pajak (Rp 3.200.000), biaya operasional toko (Rp 4.000.000), kredit pinjaman ke bank total setahun (Rp 10.000.000). Jadi laba bersih toko kue Susi selama tahun 2021 adalah sebagai berikut:

Rp 33.000.000 – (3.200.000 + 4.000.000 + 10.000.000) = Rp 15.800.000

Jadi, laba bersih yang didapatkan oleh toko Kue Susi di tahun 2021 sebesar Rp 15.800.000.

Cara Menghitung Laba Kotor
Laba kotor atau gross profit adalah seluruh pendapatan dari penjualan yang belum dikurangi biaya produksi, biaya overhead, gaji, pajak, dan lain sebagainya. Cara menghitung laba kotor bisa dengan rumus sederhana yaitu dengan cara mengurangi pendapatan dengan harga pokok penjualan (HPP). HPP adalah total pengeluaran biaya langsung oleh perusahaan dari barang atau jasa yang diproduksi dan dijual dalam satu periode tertentu.

Rumus Laba Kotor
Daun.id
laba2.jpg


Contoh Kasus
Andra memiliki usaha toko kue. Menurut laporan laba rugi di tahun 2021, toko kue Susi memiliki pendapatan sebesar Rp 100.000.000. Setelah dihitung, HPP dari toko kuenya selama tahun 2021 adalah sebesar Rp 67.000.000. Jadi laba kotor yang didapatkan oleh toko kue Susi di tahun 2021 adalah:

Rp 100.000.000 – Rp 67.000.000 = Rp 33.000.000

Jadi, laba kotor yang didapatkan oleh toko Kue Susi di tahun 2021 sebesar Rp 33.000.000.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 19 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:23 ZUHUR 11:56
ASHAR 15:18 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:04  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya