5 Cara Mencari Standar Deviasi, Ketahui Langkah Otomatisnya

"Langkah otomatis mencari standar deviasi."

Tech | 04 November 2022, 20:45
5 Cara Mencari Standar Deviasi, Ketahui Langkah Otomatisnya

Standar deviasi secara umnumnya memiliki pengertian yaitu suatu uji statistik untuk mengetahui deviasi atau suatu sebaran dalam kumpulan data. Selanjutnya digunakan untuk melihat jauh dekatnya suatu sebaran data dari mean atau rata-rata. Selain digunakan sebagai pengukur data juga memiliki fungsi mengukur suatu risiko portofolio suatu investasi.

Dalam pencarian standar deviasi akan menghasilkan suatu nilai baik besar maupun kecil dan menunjukkan suatu keakuratan data. Umumnya, jika nilai semakin tinggi dari standar deviasi berarti data terbesar ialah semakin jauh dari rata-rata. Selaain dapat dicari dengan rumus secara manual, mencari standar deviasi kini juga dapat dilakukan secara otomatis.

Untuk melakukan pencarian standar deviasi secara otomatis dapat dilakukan melalui excel. Excel sendiri merupakan sebuah aplikasi pengolah data berupa angka. Dengan menggunakan rumus tertentu, para pengguna dapat mengakses berbagai fitur secara otomatis. Namun, hingga kini masih ada pengguna excel yang masih kesulitan untuk mengoperasikannya. Jika masih kebingungan, ayo simak ulasan di bawah ini!

Cara Mencari Standar Deviasi Dengan Langkah Otomatis

Daun.id

sumber; istimewa

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas, kini saatnya kita mencoba untuk mempraktikkannya. Mencari standar deviasi secara otomatis dapat dilakukan melalui excel. Berikut ini rumus dan langkahnya:

1. Bukalah data excel yang akan dicari standar deviasi.

2. Ingat, untuk mencari standar deviasi otomatis dapat dilakukan menggunakan rumus "STDEV.S" yang terdapat pada excel.

3. Jika keseluruhan dara terdapat pada kolom B5 hingga B100. Maka langsung praktikkan rumus berikut "=STDEV.S(B2:B100)" pada bagian kolom yang kosong.

4. Kemudian langsung tekan "enter" pada keyboard laptop.

5. Selesai, secara otomatis standar deviasi akan dimunculkan pada kolom tersebut.

Itulah cara mencari standar deviasi secara otomatis. Kini tak perlu ribet menghafal rumus manual yang terlalu panjang. Cukup melalui excel dan kuasai rumusnya.

Gambar Ilustrasi:

Daun.id

sumber; istimewa

Setelah mengamati gambar di atas, langsung saja praktikkan persis gambar. Selamat mencoba!

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya