Cara Mencari Sudut Segitiga, Pahami Rumus dan Contoh Soal

"Rumus mudah menemukan sudut segitiga."

Tech | 08 November 2022, 14:40
Cara Mencari Sudut Segitiga, Pahami Rumus dan Contoh Soal

Bangun segitiga sudah menjadi pembahasan yang tak asing lagi pada mata pelajaran matematika. Segitiga ini bangun yang memiliki tiga jenis yaitu segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku. Pada umumnya sudut segitiga paling terbesar terdapat pada sisi yang paling panjang. Sedangkan pada sudut terkecil segitiga selalu menghadap pada sisi terpendek.

Segitiga ialah suatu jenis bangun datar yang memiliki tiga sudut terbentuk dari tiga garis saling berpotongan. Jika setiap sudut segitiga ini dijumlahkan maka besar jumlahnya ialah 180°. Salah satu pembahasan kita kali ini akan berfokus pada cara mencari sudut segitiga. Cara untuk mencarinya kita perlu memahami beberapa rumus terlebih dahulu.

Seperti penjelasan di atas, bahwa jika keseluruhan sudut segitiga dijumlahkan akan memiliki total 180°. Mencari sudut segitiga yang lainnya akan lebiih mudah dilakukan jika sudah mengetahui beberapa sudut segitiga lainnya. Jika nanti rumus sudah diketahui, kita akan belajar mengerjakan soal. Agar lebih mudah memahami cara mencari sudut segitiga.

Cara Mencari Sudut Segitiga

Daun.id

sumber: pixabay.com

Sekarang kita akan mencoba memahami rumus mencari sudut segitiga melalui latihan soal. Marilah kita memahaminya melalui latihan soal seperti di bawah ini:

Contoh soal 1:

Digambarkan segitiga memiliki sudut ABC sebesar 60°, selanjutnya hitunglah besar dari sudut BAC!

Penyelesaian:

Sudut A + sudut B + sudut C = 180
Sudut A = 180 – sudut B – sudut C
Sudut A = 180 – 90 – 60
Sudut A = 30°

Dari contoh soal 1 ini dapat diketahui sebuah segitiga sudut A memiliki sudut sebesar 30°.

Contoh soal 2:

Sebuah segitiga sama kaki memiliki sudut ABC, diketahui pada sudut B memiliki sudut sebesar 90°. Sudut B merupakan sudut puncak, lantas berapakah besaran dua sudut lainnya?

Penyelesaian:

sudut A = sudut C = x

Sudut A + sudut B + sudut C = 180
Sudut B + x + x = 180
90 + 2x = 180
2x = 180 – 90
2x = 90
x = 90/2
x = 45°

Pada contoh soal kedua dapat diketahui sudut A dan C, masing-masing memiliki sudut sebesar 45°.

Denikianlah langkah dalam mencari sudut segitiga melalui beberapa rumus. Jadi pahamilah rumus seperti di atas, lalu buatlah contoh soal sendiri agar lebih mudah memahami.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya