Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa, Lengkap dengan Contohnya

"Untuk kamu yang mencari rumus mencari nomor atom dan nomor massa, berikut ini caranya."

Life | 08 November 2022, 18:05
Cara Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa, Lengkap dengan Contohnya

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas materi seputar pelajaran Ipa atau lebih tepatnya kimia. Dalam suatu unsur seperti oksigen, hedrogen, helium atau yang lainya, di dalam unsur tersebut mengandung yang disebut sebagai nomor atom atau dan nomor massa. Lalu apa sebenarnya nomor atom dan nomor massa ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa

Perlu kamu ketahui, atom adalah satuan terkecil suatu materi. Nah, di dalam atom itu ada lagi yang namanya inti atom, terdiri dari proton dan neutron. Selain itu, atom juga dikelilingi oleh muatan negatif bernama elektron.

Dalam suatu atom netral, jumlah proton dan elektron haruslah seimbang. Jumlah muatan dalam suatu atom juga menentukan nomor massa dan nomor atom. Kamu bisa  menghitung inti atom tersebut, dengan cara mencari nomor atom dan nomor massanya.

Nomor massa dan nomor atom adalah dua nomor yang terdapat dalam suatu atom yang menggambarkan jumlah partikel yang termuat di dalam atom tersebut. Masing-masing atom mempunyai karakteristik tersendiri, artinya mempunyai jumlah proton, jumlah elektron dan jumlah neutron yang berbeda-beda.

Nomor massa adalah nomor yang menyatakan jumlah muatan positif atau proton dan neutron dalam sebuah atom. Elektron dalam hal ini bisa diabaikan karena jumlah muatannya yang kecil dibandingkan muatan lainnya. nomor massa dilambangkan dengan huruf yang biasanya terletak di kiri atas dari lambang atom.
Nomor atom adalah jumlah proton di dalam inti atom. Karena atom bersifat elektronetral, maka jumlah proton suatu atom sama dengan jumlah elektronnya. Nomor atom biasanya dinotasikan dengan lambang A dan terletak di kiri bawah dari lambang atom.

Mencari Nomor Atom dan Nomor Massa

Cara menentukan nomor massa dan nomor atom sangatlah mudah. Seseorang hanya perlu memahami bentuk baku dari lambang suatu atom. Untuk memahami bentuk baku dari lambang atom, perhatikan gambar di bawah ini.

- Pada gambar 1, lambang atom adalah C, lambang atom karbon memiliki nomor massa 13 dan nomor atom 6.

- Pada gambar 2, lambang atom adalah N, yakni lambang atom nitrogen yang mempunyai nomor massa 14 dan nomor atom 7.


Begitulah cara menentukan nomor massa dan nomor atom dalam ilmu kimia dengan hanya memperhatikan posisi dari nomor-nomor dalam lambang suatu atom.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya