Cara Mencari Mean Data Kelompok, Pahami Pengertian, Rumus dan Pembahasannya

"mean atau juga bisa disebut dengan rata-rata"

Life | 10 November 2022, 17:33
Cara Mencari Mean Data Kelompok, Pahami Pengertian, Rumus dan Pembahasannya

Mean atau rata-rata adalah nilai yang menunjukkan perwakilan atau nilai dari sekumpulan data. Pada data tunggal, nilai mean dapat dicari dengan menujumlahkan semua data kemudian membaginya dengan banyak data.

Mean cukup sering  digunakan dalam mengolah data, misalnya untuk menentukan nilai ulangan dimana hasil mean akan diperlihatkan ketika akan menentukan berapa banyak siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata nilai di dalam suatu kelas. Untuk memperoleh mean, ada dua rumus yang digunakan tergantung dari jenis data,  yakni mean data tunggal dan mean data kelompok.

Sedangkan untuk pengertian mean data kelompok adalah wujud nilai yang terdapat pada suatu data yang disajikan dalam  bentuk kelompok. Dalam bentuk ini, nilai mean diperoleh dari hasil bagi antara perkalian frekuensi setiap kelas dan nilai tengah pada setiap kelas dengan jumlah frekuensi.

Misalnya diketahui kumpulan 8 data tunggal nilai matematika suatu kelas terdiri dari 85, 75, 80, 82, 85, 45, 90, dan 68. Maka nilai rata-rata dari kumpulan delapan data tunggal tersebut adalah 76,25. Pada penyajian data kelompok, cara menghitung mean dapat dilakukan pendekatan mealui rumus mean data kelompok.

Rumus Mean Data Kelompok
Mean data kelompok merupakan representasi nilai yang terdapat pada suatu data yang disajikan dalam bentuk kelompok
. Pada data yang disajikan dalam bentuk kelompok, nilai mean merupakan pendekatan dari hasil bagi antara perkalian frekuensi setiap kelas dan nilai tengah pada setiap kelas dengan jumlah frekuensi.

Nilai tengah pada setiap kelas (xi) diperoleh dengan mencari nilai rata-rata pada setiap interval kelas. Caranya dapat dilakukan dengan menjumlahkan nilai terendah dan tertinggi kemudian mebaginya dengan 2.

Misalnya, sebuah kelas memiliki interval 41–50 maka titik tengah kelas tersebut adalah 45,5. Hasil penjumlahan nilai tengah (xi) dan frekuensi (fi) setiap kelas di bagi dengan jumlah frekuensi semua kelas merupakan nilai mean atau rata-rata.

Bentuk rumus rata-rata/mean data kelompok diberikan seperti persamaan di bawah.
Daun.id

mean data kelompok

Nilai mean pada data kelompok juga dapat dihitung melalui rumus yang melibatkan nilai rataan sementara. Di mana, nilai rataan sementara (xs) atau rata-rata sementara adalah salah satu nilai tengah pada suatu interval kelas. Rumus mean data kelompok dengan nilai rata-rata sementara diberikan seperti berikut.

Daun.id

mean data kelompok

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya