Cara Mencari Rata-Rata Pada Tabel Dengan Rumus Simpangan Sementara

"Rumus mudah menemukan rata-rata tabel."

Tech | 10 November 2022, 20:00
Cara Mencari Rata-Rata Pada Tabel Dengan Rumus Simpangan Sementara

Mencari rata-rata suatu tabel ini menjadi sangat penting pada saat kita sedang mengolah suatu data. Untuk mencarinya juga dapat dilakukan melalui beragam rumus. Rumus tersebut ialah menggunakan titik tengah, menggunakan simpangan rata-rata sementara, dan menggunakan kode atau coding.

Dalam hal ini sahabat daun akan mengupas secara detail mencari rata-rata tabel. Cara mencari rata-rata pada tabel ini seringkali digunakan untuk mengolah suatu data kelompok. Dalam ilmu statistika, langkah ini penting digunakan bagi mereka yang melakukan penelitian dengan metode kuantitatif. Untuk mengulas lebih detailnya, yuk ikuti terus artikel dari sahabat daun.

Cara Mencari Rata-Rata Pada Tabel

Daun.id

sumber; pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk mencari suatu rata-rata pada tabel dapat dilakukan melalui tiga cara. Kali ini kami akan membahas mencari rata-rata pada tabel melalui rumus rata-rata sementara, berikut ini langkah-langkahnya:

Daun.id

istimewa

Contoh soal:

Dalam sebuah ulangan harian siswa terdapat data nilai sebagai berikut ini!

Daun.id

istimewa

Dari data kelompok di atas telah ditemukan nilai rata-rata sementara ialah 65. Selanjutnya lakukan pengurangan rata-rata sementara dengan titik tengah, perhatikan gambar berikut:

Daun.id

istimewa

Setelah melakukan pengurangan, lakukan perkalian terhadap hasil pengurangan tersebut dengan frekuensi tiap interval, perhatikan gambar ini:

Daun.id

istimewa

Setelah itu lakukan pembagian hasil perkalian dengan seluruh jumlah frekuensi.

Daun.id

istimewa

Setelah selesai melalui proses di atas, maka nilai rata-rata sementara ditambah dengan hasil pembagiaan sebagai berikut!

Daun.id

istimewa

Melalui proses di atas, kita dapat mengetahui rata-rata tabel ialah 70,67

Demikianlah proses mencari rata-rata pada tabel melalui rumus rata-rata sementara. Untuk lebih mudah memahami buatlah beberapa contoh soal di rumah. Selamat mencoba!

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya