Cara Mencari Resultan Vektor beserta Contoh dan Pembahasannya 

"Mencari resultan vektor dapat kamu lakukan dengan mudah."

Life | 11 November 2022, 20:31
Cara Mencari Resultan Vektor beserta Contoh dan Pembahasannya 

Kamu tau engga apa perbedaan perpindahan dan jarak?  Jarak adalah total panjang lintasan tempuh suatu benda pada selang waktu tertentu. Jarak termasuk besaran skalar yang berarti memiliki nilai. Sedangkan perpindahan merupakan perubahan posisi suatu benda pada selang waktu tertentu.

Perpindahan itu termasuk besaran vektor. Perpindahan ditentukan oleh kedudukan awal dan kedudukan akhir, serta dapat bertanda positif maupun negatif, bergantung pada arah perpindahannya. 

Pengertian Resultan Vektor

Vektor merupakan ruas garis berarah yang memiliki besaran (nilai) dan arah tertentu. Secara geometris, suatu vektor dapat digambarkan sebagai ruas garis berarah dengan panjang ruas garis menyatakan besar vektor dan arah ruas garis menyatakan arah vektor.

Resultan vektor adalah hasil dari penjumlahan dua atau lebih vektor. Terdapat beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk mencari resultan vektor nih, di antaranya metode grafis, metode analisis vektor, atau metode uraian. 

Terdapat beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk mencari resultan vektor, di antaranya metode grafis, metode analisis vektor, atau metode uraian. 

Cara Mencari Resultan Vektor beserta Contoh


Metode grafis
Metode yang pertama adalah metode grafis. Metode grafis merupakan metode yang digunakan untuk menentukan besar resultan vektor dengan cara mengukurnya. Panjang resultan vektor dapat diukur menggunakan mistar (penggaris), sedangkan besar sudut vektor (arah vektor) diukur menggunakan busur derajat.

Pengukuran besar resultan vektor menggunakan metode grafis harus berdasarkan skala dan besar sudut yang tepat.

- Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menetapkan skala dari masing-masing besaran vektor.

Berdasarkan cerita Rogu, besar vektor F1= 550 m, besar vektor F2= 650 m, dan besar vektor F3= 700 m. Misalkan, untuk ketiga vektor, kita menetapkan skala 100 m = 1 cm. Artinya, setiap panjang 100 m kita gambar dengan 1 cm di kertas. Jadi, vektor F1 dapat digambar sepanjang 5,5 cm, vektor F2 digambar sepanjang 6,5 cm, dan vektor F3 digambar sepanjang 7 cm.

- Kedua adalah menggambar besar dan arah masing-masing vektor seperti di bawah ini.

Panjang vektor R = F1+F2+F3 dapat dihitung menggunakan penggaris. Sementara itu, sudut arah vektor R dihitung menggunakan busur derajat.
Daun.id

.

- Jadi sudah dapat kita ketahui nih kalau perpindahan Rogu dari titik A ke titik D adalah sebesar 1.300 m.

Metode Analitis
Metode analitis adalah metode yang digunakan untuk menentukan besar resultan vektor secara matematis dengan menggunakan rumus. Adapun rumus yang digunakan merupakan rumus kosinus (cos) untuk menentukan besar resultan vektor dan rumus sinus (sin) untuk menentukan arah resultan vektor.

Contoh soal

Daun.id

.

Hitunglah besar dan arah vektor resultannya terhadap sumbu x positif!

Penyelesaian:

a. Besar resultan vektor

Daun.id

.

 

Daun.id

.

 b. Arah resultan vektor

Daun.id
.

 

Daun.id

.

Jadi, besar resultan vektornya adalah Daun.id

.


dan arah resultan vektornya adalah 22,3o terhadap sumbu x positif. Gimana, mudah, kan? Oke, selanjutnya, kita masuk ke metode penjumlahan vektor yang terakhir, nih. Apakah itu? Yap! Metode uraian.

sumber: ruang guru

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya