Cara Mencari Panjang Busur Lingkaran Secara Mudah, Ketahui Rumus dan Pembahasannya

"ketahui pembahasannya"

Life | 12 November 2022, 06:46
Cara Mencari Panjang Busur Lingkaran Secara Mudah, Ketahui Rumus dan Pembahasannya

Salah satu bentuk bangun datar dua dimensi adalah lingkaran. Lingkaran ini dapat didefinisikan sebagai sebuah bangun datar yang tersusun dari kurva dan bukan garis lurus dan tidak termasuk sebuah poligon. Bangun datar lingkaran ini tidak memiliki siku-siku seperti halnya bangun datar lainya.

Benda-benda yang memiliki bentuk lingkaran diantaranya adalah ban mobil, gelas, jam dinding, uang koin dan masih banyak lagi. Lingkaran terpotong menjadi dua sisi setimbang yang memiliki luas dan keliling yang sama oleh garis diameter. Lingkaran memiliki jumlah sudut 360 derajat. Namun jika terpotong oleh garis diameter, sudutnya masing-masing menjadi 180 derajat.

Selain diameter, lingkaran juga memiliki jari-jari yang menghubungkan antara titik pusat dengan titik busur lingkaran. Sebuah lingkaran ini adalah sebuah bangun ruang yang memiliki simetri lipat dan simetri putar yang tidak terhingga.

Lingkaran sebagai bangun dua dimensi hanya memiliki luas dan keliling saja. Selain yang telah dijelaskan di atas, lingkaran memiliki unsur-unsur yang tidak dimiliki bangun datar lain. Unsur-unsur tersebut adalah titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, tembereng, dan apotema merupakan beberapa unsur dalam lingkaran yang perlu kamu ketahui. Himpunan semua titik dengan jarak yang sama terhadap sebuah titik tertentu disebut lingkaran.

Sedangkan busur lingkaran adalah setiap bagian dari keliling lingkaran. Busur lingkaran dapat terbentuk dari bagian luar juring maupun tembereng lingkaran. Busur lingkaran juga dapat didefinisikan sebagai garis lengkung tempat bertemunya dua garis jari-jari yang membentuk juring lingkaran.

Busur lingkaran merupakan bagian dari keliling, rumus panjang busur juga diambil dari kelilingnya dan besar sudut pusat juringnya. Perlu diingat bahwa satu lingkaran penuh memiliki sudut sebesar 360°. Dapat dikatakan bahwa panjang busur lingkaran penuh sama dengan kelilingnya. Adapun, sudut juring lingkaran pasti kurang dari 360° (0 > θ > 360°).
Daun.id

panjang busur lingkaran

Untuk menentukan panjang busur lingkaran, gunakan perbandingan dengan keliling dari lingkaran tersebut.  Sebelum mengetahui rumus untuk menghitung panjang busur lingkaran, perhatikan gambar sebelumnya.

Berdasarkan gambar tersebut, apabila sudut pusat busur ∠AC  adalah ∠AOC, dan sudut pusat keliling lingkaran adalah 360°. Akan terdapat perbandingan senilai dari lingkaran tersebut:

∠AOC/360° = Panjang Busur AC/ Keliling Lingkaran

Rumus dari panjang busur lingkaran adalah sebagai berikut:
Daun.id

panjang busur lingkaran

Contoh Soal Panjang Busur Lingkaran
Daun.id

panjang busur lingkaran

Pada gambar lingkaran di atas, apabila ∠AOB adalah 90° dan jari-jari dari lingkaran adalah 14 cm, maka berapakah panjang busur AB?

Diketahui:
∠AOB = 90°
r  = 14 cm
π = 22/7

Maka:
Panjang busur AB
= ∠AOB/360° x 2π r

=  90°/360° x 2 (22/7 x 14)
= 1/4 x (2 x 88)
= 1/4 x 176
=  44

Jadi jawaban dari pertanyaan tersebut adalah panjang busur AB adalah 44 cm

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya