Cara Mencari Ranking di Excel secara Otomatis, Praktis dan Mudah

"Cari rangking di excel secara mudah dan cepat."

Life | 14 November 2022, 14:00
Cara Mencari Ranking di Excel secara Otomatis, Praktis dan Mudah

Peringkat adalah besaran yang relatif untuk nilai lain di dalam daftar. Apabila kamu akan mengurutkan suatu daftar, maka peringkat sebuah angka merupakan posisinya. Microsoft juga memberikan fitur guna membuat ranking di Excel yang akan memudahkan kamu tanpa perlu susah payah dalam membuatnya. Fungsi rumus ranking ini dapat mempercepat pembuatan data peringkat pada jumlah yang banyak. Maka, fungsi tersebut cocok untuk pengguna rumus dengan data yang banyak.

Adapun langkah-langkah mencari ranking di Excel, yakni:
Daun.id

Sumber: Canva

- Pertama, siapkan data yang akan diurutkan. Kamu tentu membutuhkan data yang ingin diurutkan. Supaya lebih mudah, berikan keterangan di masing-masing kolom. Sehingga, kamu dapat mengidentifikasi data sesuai dengan kebutuhan.

- Selanjutnya, jumlahkan data apabila dibutuhkan. Jika kamu memiliki data lebih dari satu dan memerlukan nilai akhirnya guna di-ranking, maka jumlahkan data terlebih dulu. Kamu dapat memakai rumus SUM guna mempercepat penjumlahan. Melalui tahap ini, jika data punyamu adalah data tunggal.

- Ketikkan rumus =RANK atau =RANK.EQ pada baris yang dibutuhkan. Apabila telah mempunyai nilai total atau data tunggal, langkah berikutnya yaitu mulai masukkan rumus.

- Ketikkan =RANK atau =RANK.EQ di sel yang diinginkan. 

- Kemudian, tekan sel pertama yang akan dijadikan peringkat
=RANK(angka; ref; [order])

- Lalu, pilih data atau jumlah pertama yang akan kamu peringkat. Contohnya kamu mempunyai 10 baris data, maka ketuk data nomor satu. Data tersebut nantinya menempati posisi ‘angka’ seperti detail rumus tersebut. Jangan lupa akhiri data dengan tanda titik koma.

- Kamudian, blok seluruh data yang akan di-ranking
=RANK(angka; ref; [order]). Selanjutnya, pilih seluruh data yang akan diurutkan peringkat. Apabila kamu mempunyai 10 data, maka blok seluruh sel dari baris pertama sampai ke sepuluh. Tambahkan $ di antara huruf baris dengan angka. Contohnya, =RANK(f1; f$1:f$10). Ini penting untuk menghindari eror ketika penghitungan data jumlah banyak.

- Selanjutnya, tekan ‘enter’ di keyboard. Apabila sudah, kamu cukup ‘mengunci’ rumus dengan klik tombol ‘enter’ atau ‘return’ di keyboard. Maka, secara otomatis muncul peringkat data pertama punyamu.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 16 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya