Cara Mencari Sumbu Simetri, Pahami Pengertian dan Pembahasannya

"begini cara menghitungnya"

Life | 15 November 2022, 08:26
Cara Mencari Sumbu Simetri, Pahami Pengertian dan Pembahasannya

Simetri berarti seimbang antara bagian kiri dan kanan atau atas dan bawah. Contoh benda atau bangun simetri: tubuh kita jika dibuat garis mulai dari kepala, hidung, mulut, dan pusar hingga ke bawah akan terlihat bahwa bagian kanan dan bagian kiri sama. Ada mata kanan dan mata kiri, telinga kanan dan telinga kiri, tangan kanan dan tangan kiri, kaki kanan dan kaki kiri, dan seterusnya.

Ada tiga jenis operasi simetri utama, yaitu refleksi (pencerminan), rotasi, dan translasi.
Daun.id

sumber: pixabay

- Refleksi (pencerminan) adalah operasi mencerminkan objek di sebuah garis sebagai bidang cermin
- Rotasi adalah operasi merotasi objek dengan titik sebagai pusat. Contohnya adalah segitiga sama sisi memiliki simetri rotasi dengan sudut rotasi 120 derajat
- Translasi adalah operasi mentranformasi objek dari satu daerah ke daerah lain dengan sebuah vektor. Simetri-simetri yang lebih rumit merupakan kombinasi dari operasi-operasi ini. Simetri banyak dipakai dalam berbagai disiplin pengetahuan seperti geometri, matematika, fisika, biologi, kimia, seni dan sebagainya

Sedangkan Sumbu Simetri adalah garis yang membagi sebuah benda atau bentuk  menjadi dua bagian yang simetris sedemikian rupa sehingga akan terlihat bahwa benda di satu sisi akan serupa dengan bayangan cermin dari sisi yang lain. Garis ini bisa membagi benda menjadi 2 bagian, 4 bagian, dan seterusnya.

Sumbu Simetri sendiri merupakan garis yang membagi sebuah benda atau bentuk menjadi dua bagian yang simetris sedemikian rupa, sehingga akan terlihat bahwa benda di satu sisi akan serupa dengan bayangan cermin dari sisi yang lain. Garis ini bisa membagi benda menjadi dua bagian, empat bagian, dan seterusnya.

Sumbu Simetri dapat dihitung menggunakan rumus perhitungan sumbu X, yakni:
x = -b / 2a

Sementara itu, bentuk simpul memiliki persamaan:
x = h

Contoh soal yang berhubungan dengan sumbu simetri bisa dilihat di bawah ini:

Soal 1
Diketahui fungsi kuadrat: f(x) = 4x 2  8x + 3, berapakah sumbu simetri tersebut?

Jawaban:
Diketahui fungsi kuadrat:
f(x) = 4x 2  8x + 3

Sumbu Simetri dapat dihitung dengan rumus
x = - b/2a, maka:
x= -b/2a
x = - (-8)/2 (4)
x = 1

Soal 2
Temukan sumbu simetri persamaan kuadrat y = x2 - 4x + 3. Dari soal ini, akan mendapatkan jawaban dan penjabarannya sebagai berikut:

Diketahui:
y = x2 - 4x + 3, jika
x = -b/2a, maka
x = -(-4)/2(1)

Dan hasil dari x adalah 4/2 atau 2
Jadi, sumbu simetri persamaan
y = x2 - 4x + 3, adalah:
x = 2.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya