Cara Mencari Fungsi Permintaan dan Penawaran, Ketahui Pengertian dan Rumusnya

"Memahami fungsi permintaan dan fungsi penawaran adalah hal wajib bagi seorang yang bergerak di bidang ekonomi. Berikut ini adalah penjelasan dan rumusnya."

Life | 16 November 2022, 07:28
Cara Mencari Fungsi Permintaan dan Penawaran, Ketahui Pengertian dan Rumusnya

Fungsi permintaan dan penawaran pasti akan diajarkan pada materi ekonomi dasar. Dengan memahami fungsi permintaan dan penawaran dengan baik, seorang pengusahan bisa melakukan analisis terhadap barang yang mereka jual. Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan tentang fungsi permintaan dan juga panawaran secara singkat dan jelas.


Pengertian Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran

Dalam ilmu ekonomi, terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Dalam setiap perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga, dan kuantitas yang saling memengaruhi satu sama lain.

Perlu kamu ketahui, permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu, sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Fungsi permintaan
merupakan suatu fungsi dalam ekonomi yang memperlihatkan hubungan antara jumlah barang yang diminta konsumen dengan harga barang itu sendiri. Dalam fungsi permintaan, antara jumlah barang yang diminta berbanding terbalik dengan harga. Semakin tinggi harga yang diberikan, maka permintaan akan barang tersebut semakin rendah. Dan sebaliknya, semakin rendah harga yang diberikan, maka permintaan akan semakin tinggi.

Fungsi penawaran menggunakan sudut pandang penjual. Fungsi penawaran ini menjelaskan hubungan antara harga komoditas dengan jumlah yang ditawarkan produsen. Dalam fungsi penawaran, antara harga dengan barang yang ditawarkan berbanding lurus. Semakin tinggi harga yang diberikan, maka penawaran pada barang tersebut akan semakin tinggi. Dan berlaku sebaliknya, semakin rendah harga yang diberikan, maka penawaran terhadap barang tersebut juga berkurang.


Rumus Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran


Rumus Fungsi Permintaan
Rumus fungsi permintaan dapat dituliskan sebagai berikut:

P = a – bQ atau Q = a – bP
keterangan:

Q = Jumlah barang yang diminta konsumen

P = Harga barang tiap unit

a = Angka konstanta

b = Koefisien kecenderungan (negatif karena fungsi permintaan sifatnya berbanding terbalik)


Rumus Fungsi Penawaran
Rumus fungsi penawaran dapat dituliskan sebagai berikut:

P = a + bQ atau Q = a + bP
keterangan:

Q = Jumlah barang yang diminta konsumen

P = Harga barang tiap unit

a = Angka konstanta

b = Koefisien kecenderungan (positif karena fungsi penawaran sifatnya berbanding terbalik)

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya