2 Cara Mencari Massa Benda, Disertai Rumus Lengkap dan Contoh Soal

"Temukan massa suatu benda dengan rumus ini."

Tech | 17 November 2022, 15:55
2 Cara Mencari Massa Benda, Disertai Rumus Lengkap dan Contoh Soal

Massa suatu benda merupakan banyaknya materi dalam suatu wujud benda. Materi ini merupakan sesuatu yang dapat dirasakan oleh indra, pada umumnya akan berkaitan dengan ukuran suatu benda. Pada pembahasan ini sering kali kita temukan di mata pelajaran fisika. Massa benda juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran untuk menunjukkan kepadatan suatu partikel pada benda.

Dalam kehidupan sehar-hari, orang lebih umum menyebutnya dengan berat suatu benda. Sedangkan dalam fisika disebut dengan istilah massa benda, termasuk kedalam besaran pokok dalam fisika. Massa dilambangkan dengan simbol “ρ” dibaca; rho. Sedangkan menurut Santuan Internasional (SI) dengan menggunakan satuan kg/m³.

Ketika sebuah massa benda menggunakan satuan kg, maka satuan volumenya ialah . Contoh sederhananya 1kg/m³ sama dengan 0,001g/m³, 1g/m³ sama dengan 1000 kg/m³. Untuk mencari suatu massa benda dapat dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Secara detail sahabat daun akan mengulasnya di bawah ini.

Cara Mencari Massa Benda

Daun.id

sumber; pexels.com

Dalam mencari suatu massa benda dapat dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Meski dengan cara yang lain, massa benda juga dapat diukur dengan menggunakan alat yang bernama neraca massa. Yuk kita mengenal rumus mencari massa benda.

1. Rumus mencari massa benda

m = w/g

Keterangan:

m = massa benda
w = berat benda
g = percepatan gravitasi

Contoh soal:

Sebuah kursi berada di atas lantai dengan memiliki berat 50 N, sedangkan percepatan gravitasinya ialah 5 m/s². tentukan massa benda tersebut!

Diketahui:

w = 50 N
g = 5 m/s²
m = ?

Penyelesaian:

m = w/g
m = 50/5
m = 10 kg

2. Cara mencari massa dari berat jenis dan volume benda

ρ = m/v

Keterangan:

ρ = massa jenis (kg/m³)
m = massa (kg)
v = volume (m³)

Contoh soal:

Ada sebuah benda memiliki bentuk kubus dengan ukuran sisi 5 m. Setelah ditimbang ternyata memiliki berat sebesar 6 kg. Tentukan massa jenis di atas!

Diketahui:

m = 6 kg
s = 5 m
v = ?
ρ = ?

Penyelesaian:

mencari volume kubus terlebih dahulu yaitu 5x5x5 = 125 m³

ρ = m/v
ρ = 6/125
ρ = 0,048 kg/m³

Demikianlah rumus-rumus dalam mencari massa benda yang dapat dilakukan. Untuk meningkatkan pemahaman lebih lanjut sebaiknya buatlah contoh soal sendiri di rumah. Selamat mencoba!

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 23 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya