Cara Mencari Luas Alas Prisma Segitiga, Mudah dan Praktis

"Luas alas prisma segitiga dapat ditemukan dengan rumus ini."

Tech | 17 November 2022, 18:58
Cara Mencari Luas Alas Prisma Segitiga, Mudah dan Praktis

Dalam matematika, prisma merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki volume. Sekilas bangun ruang ini memiliki bentuk seperti atap. Dilansir dari beberapa sumber, muka prisma terdiri dari bangun jajar genjang. Sedangkan alasnya berupa poligon yang memiliki sisi banyak.

Saat kita mengenali rumus matematika, pasti akan menemukan beragam rumus tentang bangun prisma.  Mulai dari mencari volume prisma, hingga mencari luas permukaan prisma dan mencari luas alas prisma segitiga. Selain itu prisma juga memiliki beragam bentuknya. Mulai dari prisma segitiga, prisma segi lima (Pentagonal), prisma segi enam (hexagonal), prisma segi delapan (oktagonal).

Kali ini kita akan membahas tentang suatu bangun prisma segitiga, yaitu bangun prisma yang memiliki sebuah alas berbentuk segitiga. Pada umumnya saat mencari volume sebuah prisma ialah dengan menghitung luas alas yang dikalikan dengan tinggi. Selain itu prisma segitiga ini juga memiliki atap yang berbentuk segitiga.

Cara Mencari Luas Alas Prisma Segitiga

Daun.id

sumber; pexels.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, prisma segitiga merupakan sebuah bangun prisma yang memiliki alas dan atap segitiga. Dalam mencari luas alas prisma segitiga perlu kita memahami rumusnya terlebih dahulu. Berikut ini rumusnya:

La = ½ x a x t

Keterangan:

La = Luas Alas
a = Alas
t = Tinggi

Contoh soal:

Sebuah bangun prisma segitiga memiliki panjang alas 5 cm dan memiliki tinggi 7 cm. Tentukan luas alas prisma segitiga tersebut!

Diketahui:

a = 5 cm
t = 7 cm
La = ?

Penyelesaian:

La = ½ x a x t
La = ½ x 5 x 7
La = 17.5 cm²

Jadi diketahui luas alas prisma segitiga di atas ialah 17.5 cm².

Demikianlah langkah-langkah dalam mencari luas alas prisma segitiga. Agar lebih mudah dalam memahaminya, buatlah contoh soal sendiri di rumah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya