Cara Mencari Tinggi Jajargenjang dan Contohnya

"Berikut ini adalah cara mudah mencari tinggi jajargenjang beserta contohnya."

Life | 17 November 2022, 20:59
Cara Mencari Tinggi Jajargenjang dan Contohnya

Bentuk jajargenjang dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah meja yang miring. Jajar Genjang adalah sebuah bangun datar dua dimensi yang memiliki 4 sisi. Perlu kamu ketahui ukuran tinggi dari suatu jajargenjang bukanlah dari panjang sisi miringnya, namun panjangnya adalah garis tegak lurus dari jajargenjang tersebut. 


Pengertian Jajar Genjang 

Jajargenjang adalah  segi empat yang dibentuk oleh dua pasang garis sejajar dengan sudut yang tidak 90° atau tidak siku-siku.
Daun.id

jajargenjang

Jajar genjang adalah bangun datar dua dimensi yang terdiri dari dua pasang sisi. Setiap pasang sisi memiliki panjang yang sama dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki dua pasang sudut, yang masing-masing sama dengan sudut yang berlawanan dengannya. Jajar genjang adalah turunan dari segi empat dengan karakteristik khusus. 

Rumus Jajar Genjang

Berikut ini adalah rumus untuk mencari luas dan keliling jajar genjang:

Rumus Luas Jajar Genjang:

L = alas x tinggi = a x t
Rumus keliling jajar genjang:

K = 2 (AB + BC)

Cara Mencari Tinggi Jajargenjang

Kita ketahui bahwa untuk mencari luas suatu bangun datar jajar genjang dapat dilakukan dengan cara mengalikan antara panjang alas jajar genjang dengan tingginya, jika ditulis secara matematis maka rumus luas jajargenjang:

L = a × t


Dengan menggunakan rumus luas jajargenjang maka tinggi jajargenjang dapat dicari dengan membagi antara luas jajargenjang dengan panjang alasnya. Jika ditulis secara matematis maka rumus tinggi jajargenjang:

t = L/a


Dengan:
L = luas jajargenjang
a = alas jajar genjang
t = tinggi jajargenjang

Contoh Mencari Tinggi Jajargenjang

Pada sebuah jajargenjang diketahui luasnya 450 cm². Jika panjang alas jajargenjang tersebut 30 cm, tentukan tinggi jajargenjang tersebut.

Penyelesaian:
Untuk mengerjakan soal ini gunakan rumus:
L = a × t

menjadi

t = L/a

t = 450 cm²/30 cm

t = 15 cm

Jadi, tinggi jajargenjang tersebut adalah 15 cm.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya