Cara Mencari Vektor Satuan, Lengkap Rumus dan Contoh Soal

"Temukan vektor satuan melalui rumus ini."

Tech | 25 November 2022, 20:10
Cara Mencari Vektor Satuan, Lengkap Rumus dan Contoh Soal

Daun.id - Vektor ialah suatu besaran yang memiliki nilai dan arah. Arah vektor ini dapat ke arah kanan maupun ke arah kiri, hingga bawah maupun atas. Cara menuliskannyapun dapat dituliskan melalui panjang dan arah yang berupa besar suatu sudut. Sedangkan vektor satuan dapat dimaknai sebagai vektor yang besarnya sama dengan satuannya, diperoleh melalui pembagian vektor v dengan panjang vektor v.

Mencari vektor satuan ini menjadi suatu pembahasan yang sangat penting, lantaran menjadi dasar dalam mempelajari suatu bahasan vektor yang seterusnya. Contoh sederhananya, vektor A yang terletak pada dimensi dua atau bidang xy dengan sudut α dapat diproyeksikan menjadi komponen Ax dan Ay. Komponen vektor A pada sumbu x adalah Ax dan komponen vektor pada sumbu y adalah Ay.

Panjang vektor Ax = A cos α dan panjang vektor Ay = A sin α. Penjumlahan vektor Ax dan Ay merupakan vektor A, sehingga berlaku persamaan A = Axi + Ayj. Secara detailnya, kali ini sahabat daun akan mengulas tentang cara mencari vektor satuan. Agar dapat memahaminya dengan mudah ikuti pembahasan di bawah ini.

Cara Mencari Vektor Satuan

Daun.id

sumber; pixabay.com

Seperti yang sudah dijalaskan di atas, vektor satuan ini dapat diperoleh melalui perhitungan dengan membagi vektor V terhadap panjang v. Untuk menemukan suatu vektor satuan ini dibutuhkan memahami rumusnya terlebih dahulu. Seperti berikut ini:

Daun.id

image.png

Daun.id

image.png

Agar lebih mudah dalam memahaminya, mari kita mengerjakan latihan soal di bawah ini!

Contoh soal 1:

Sebuah vektor a diketahui pada bidang R2, dengan a (5-7). Berapakah besar vektor satuan dari vektor tersebut?

Penyelesaian:

Daun.id

istimewa

Dari soal di atas, kita dapat mengetahui vektor satuannya sebagai berikut; a(5√74, -7√74).

Contoh soal 2:

Ada sebuah vektor m pada bidang R3 dengan memiliki panjang 7, sedangkan vektor m diketahui (2,-3,-6). Tentukan vektor satuannya!

Diketahui:

m = 7
Vm = (2,-3,-6)

Penyelesaian:

Daun.id

sumber; istimewa

Demikianlah langkah yang dapat dilakukan untuk mencari vektor satuan dengan mudah dan sederhana. Rumus besaran vektor ini akan muncul dalam pembahasan mata pelajaran fisika.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 7 DESEMBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 03:57 SUBUH 04:07 DUHA 05:52 ZUHUR 11:46
ASHAR 15:12 MAGHRIB 18:00 ISYA 19:15  

Daun Media Network