6 Cara Mencari ID Pelanggan PLN Dengan No Meter Pascabayar, Online dan Offline

"Cara mudah mengetahui ID pelanggan PLN."

Tech | 28 November 2022, 06:48
6 Cara Mencari ID Pelanggan PLN Dengan No Meter Pascabayar, Online dan Offline

Setiap pelanggan listrik pasti memiliki nomor ID yang didapatkan dari PLN (PT. Perusahaan Listrik Negara). Nomor ID ini sangat penting untuk diingat oleh para pelanggan itu sendiri, sebab beberapa hal akan membutuhkannya. Listrik pascabayar ini merupakan jenis layanan listrik yang dapat dibayarkan secara offline. Atau membayar tarikan satu bulan sekali sesuai tanggal yang ditentukan.

Jika pelanggan telat membayar, biasanya akan dikenakan denda. Bahkan jika terlalu lama menunggak, bisa-bisa aliran listrik akan dicabut oleh PLN. Nomor ID ini juga termasuk sebagai nomor administrasi yang tertera pada suatu meteran listrik milik pelanggan. Selain sebagai nomor administrasi, ID pelanggan ini juga digunakan pada saat pembayaran.

Energi listrik menjadi sangat penting, hampir beberapa fasilitas kehidupan sehari-hari membutuhkan listrik. Seperti laptop, handphone, kulkas, magiccom, hingga kendaraan bermotor juga sudah mulai beralih ke listrik. Mengetahui nomor ID, tentu sangat penting bagi para penggunanya. Jika lupa, dapat dilakukan beberapa langkah untuk mencarinya. Simak ulasan lengkap di bawah ini!

Cara Mencari ID Pelanggan PLN Dengan No Meter Pascabayar

Daun.id

sumber; pixabay.com

Salah satu syarat pembayaran listrik pascabayar ialah mengetahui nomor ID. Lantas bagaimanakah jika pelanggan listrik lupa ID. Berikut ini cara mencari ID pelanggan PLN dengan nomor pascabayar:

1. Cara mencari ID Pelanggan PLN melalui struk tagihan

Struk tagihan ini merupakan salah satu tanda bukti pembayaran pelanggan yang berupa fisik. Secara otomatis dalam struk tersebut tertera beberapa identitas. Jika mendapat struk pembayaran ketika selesai membayar tagihan. Sebaiknya simpan struk tersebut, sebab ada no ID di dalamnya.

2. Cara mencari ID pelanggan PLN melalui kartu PLN

Selain melalui struk pembayaran, setiap pelanggan pasti dibekali kartu pelanggan. Melalui kartu ini nomor ID sudah tertera di lampiran kartu tersebut. Sebaiknya kartu PLN ini juga di fotocopy lalu disimpan, buat berjaga-jaga ketika hilang.

3. Cara mencari ID pelanggan PLN melalui e-Commerce

Sejak terjadinya era digitalisasi, kini ham,pur seltor sendi kehidupan dapat dilakukan melalui basis online. Layanan e-commerce ini merupakan layanan pembayaran tagihan PLN melalui beberapa platform belanja online. Seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dan lain sebagainya. Dalam struk pembayaran melalui e-commerce ini terdapat nomor ID yang dapat dilihat.

4. Cara mencari ID pelanggan PLN melalui meteran listrik

Setiap pelanggan PLN pasti di setiap rumah dipasangi sebuah meteran yang digunakan sebagai salah satu pengontrol aliran listrik. Dalam alat yang tersedia tersebut, terdapat nomor ID pelanggan PLN. Sehingga ketika lupa, cukup melihat meteran listrik yang tersedia di depan rumah.

5. Cara mencari ID PLN pelanggan PLN melalui Call Center PLN

Cara yang kelima ini dapat dilakukan dengan menghubungi Call Center PLN. Call Center pada umumnya dilakukan melalui nomor telepon yaitu 123. Selain itu juga dapat dilakukan melalui media online resmi milik PLN. Berikut ini akun resmi media sosial PLN:

- @pln_123 (akun twitter).
- PLN 123 (akun facebook).
- pln123@pln.co.id (akun email).

6. Cara mencari ID pelanggan PLN melalui PLN mobile

Kemudahan digital menawarkan banyak aplikasi digital. PLN sendiri kini telah menyediakan aplikasi PLN mobile. Jika sebelumnya ID Anda sudah terdaftar, maka ID PLN akan secara otomatis muncul pada aplikasi tersebut.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa dilakukan guna mencari ID pelanggan PLN dengan nomor meter pasca bayar. Cara ini dapat dilakukan secara online maupun offline. 

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya