Cara Mencari Derajat Ionisasi, Dilengkapi Rumus Praktis

"Derajat ionisasi mudah untuk dicari."

Tech | 29 November 2022, 08:50
Cara Mencari Derajat Ionisasi, Dilengkapi Rumus Praktis

Ketika kita pada saat di bangku Sekolah Menengah Atas, pasti pernah menerima materi dari mata pelajaran kimia. Kimia merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alan (IPA). Seperti dengan namanya, tentunya tidak asing dengan pembahasan beberapa zat kimia. Dalam zat kimia tertentu pasti memiliki beberapa muatan listrik atau yang disebut ion.

Ionisasi adalah proses terurainya suatu zat elektrolit yang menjadi partikel bermuatan listrik atau ion. Ion sendiri memiliki dua jenis muatan yaitu positif dan negatif. Ion dengan muatan positif disebut kation, sedangkan yang bermuatan negatif disebut anion. Pada elektrolit terdapat dua larutan yaitu kuat dan lemah. Elektrolit yang kuat merupakan terurai secara sempurna, sedangkan yang lemah hanya sebagian.

Ketika telah memahami ionisasi pembahasan selanjutnya ialah derajat ionisasi. Derajat ionisasi merupakan suatu perbandingan antara jumlah molekul zat yang terionisasi dengan suatu jumlah molekul zat keadaan mula-mula. Dalam hal ini derajat ionisasi akan dituliskan dengan simbol α (alpha). Untuk mencari derajat ionisasi kita perlu memahami rumusnya terlebih dahulu.

Cara Mencari Derajat Ionisasi

Daun.id

sumber; pixabay.com

Untuk mencari derajat suatu ionisasi kita perlu mengenal rumusnya terlebih dahulu. Sehingga dapat menemukannya dengan tepat dan akurat. Berikut ini rumus mencari derajat ionisasi:

α = Jumlah zat terionisasi : jumlah molekul zat mula-mula

Selanjutnya jenis larutan hasil dari ionisasi ini dapat dibedakan menjadi tiga bagian, sebagai berikut:

- α = 1 berarti memiliki larutan elektrolit yang kuat serta memiliki derajat ionisasi yang sempurna.

- α = 0,5 atau 0 < α < 1 berarti memiliki larutan elektrolit yang lemah serta memiliki derajat ionisasi hanya sebagian saja.

- α = 0 berarti dikatakan dengan non elektrolit, serta tidak memiliki derajat ionisasi.

Contoh soal 1;

Sebuah senyawa seberat 100 gram dilarutkan ke dalam air, lalu seberat 75 gram senyawa mengalami ionisasi. Berapakah derajat ionisasi dari zat tersebut?

Diketahui:

Senyawa terurai = 75 gram
Jumlah senyawa = 100 gram
α = ?

Penyelesaian:

α = Senyawa terurai : Jumlah senyawa
α = 75 : 100
α = 0,75

Dari soal di atas diketahui derajat ionisasi ialah 0,75, berarti memiliki larutan elektrolit yang lemah, serta derajat ionisasi yang kurang sempurna.

Demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencari suatu derajat ionisasi pada senyawa tertentu. Rumus mencari derajat ionisasi sangat mudah dilakukan karena hanya melibatkan pembagian. Namun pahami rumusnya terlebih dahulu, lalu buatlah contoh soal.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya