Cara Mencari Luas Segitiga Sama Sisi, Lengkap Rumus dan Contoh Soal

"Rumus mudah menemukan luas segitiga sama sisi."

Tech | 02 December 2022, 13:40
Cara Mencari Luas Segitiga Sama Sisi, Lengkap Rumus dan Contoh Soal

Pembahasan dalam matematika banyak melibatkan rumus yang beragam, mulai dari bangun datar dua dimensi hingga bangun ruang tiga dimensi. Kali ini sahabat daun akan membahas tentang rumus bangun datar yaitu mencari luas segitiga sama sisi. Segitiga sendiri merupakan sebuah bangun datar yang memiliki tiga sisi. Pada umumnya dalam bangun datar seringkali diidentikkan dengan sudut.

Segitiga sama sisi ialah suatu bangun datar yang memiliki tiga sisi sama panjangnya. Sedangkan sudut segitiga sama sisi memiliki bentuk sudut yang seragam yaitu 60°. Pada umumnya rumus untuk mencari luas segitiga ialah ½ x alas x tinggi. Selain itu pada bangun datar segitiga juga terdapat banyak ragam rumus lainnya. Seperti mencari keliling, mencari tinggi, dan lain sebagainya.

Secara umum materi pembahasan segitiga telah dipelajari sejak berada di bangku Sekolah Dasar. Pada sisi lainnya segitiga ini memiliki dua jenis berdasarkan panjang sisi dan jenis sudut segitiga. Untuk pembahasan rumus mencari luas segitiga sama sisi secara detail, ikuti artikel di bawah ini!

Cara Mencari Luas Segitiga

Daun.id

sumber; pixabay.com

Seperti halnya penjelasan di atas, untuk mencari luas segitiga sama sisi bisa dilakukan dengan menggunakan rumus mencari luas segitiga pada umumnya. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita mengenal ciri-ciri segitiga sama sisi terlebih dahulu. Berikut ini cirinya:

- Memiliki sisi yang sama panjangnya.
- Memiliki tiga buah sudut yang sama besarnya.
- Memiliki tiga sumbu simetri.

Itulah ciri-ciri segitiga sama sisi yang dapat diketahui. Mengenal ciri-cirinya dapat memudahkan kita dalam menggunakan rumus.

Selanjutnya untuk mencari luas segitiga sama sisi dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

L = ½ x a x t

Keterangan:

a = panjang alas segitiga

t = tinggi dari segitiga

L = luas segitiga

Untuk memudahkan dalam memahaminya, mari kita mengerjakan beberapa contoh soal di bawah ini!

Sebuah bangun datar segitiga sama sisi memiliki alas sepanjang 4 cm, sedangkan tingginya 6 cm. Tentukan luas segitiga sama sisi!

Diketahui:

a = 4 cm
t = 6 cm
L = ?

Penyelesaian:

L = ½ x a x t
L = ½ x 4 x 6
L = 12 cm

Melalui contoh soal di atas luas segitiga sama sisi dapat diketahui 12 cm.

Demikianlah rumus dalam mencari luas segitiga sama sisi. Rumus ini cukup sangat sederhana, guna memahami lebih mendalam buatlah contoh soal sendiri untuk dikerjakan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya