Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Menarik, Pengertian dan Pembahasannya

"Kamu masih bingung dengan cara mencari topik pembicaraan yang menarik? Berikut ini adalah tips-tips yang tepat untuk kamu."

Life | 07 December 2022, 06:04
Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Menarik, Pengertian dan Pembahasannya

Daun.id - Sebuah topik pembicaraan yang menarik, merupakan hal yang penting untuk menjaga hubungan pertemanan atau persaudaraan. Topik pembicaraan yang menarik menjadi salah satu cara untuk membuka percakapan dan menghilangkan sekat agar hubungan menjadi semakin akrab.

Ketika topik pembicaraan menarik, maka yang terjadi selanjutnya komunikasi dua arah. Selain itu, topik pembicaraan yang baik juga akan membuka peluang untuk membangun pertemanan baru. Ketika kamu mengalami kesulitan saat mencari topik pembicaraan, kami akan memberikan ulasan bagaimana mencari topik membicaraan yang menarik.

Pengertian Topik

Sebelum masuk pada pembahasan inti 'Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Menarik', baiknya kamu juga memahami pengertian dari topik. Arti topik menurut KBBI adalah: pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, karangan, dan sebagainya; bahan diskusi. Fungsi dari topik ini adalah sebagai landasan pokok pembicaraan agar tidak keluar dai topik/hal yang dibicarakan. 

Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Menarik

Menemukan topik pembicaraan yang menarik ketika sedang berkomunikasi adalah hal yang sangat penting. Kalo kamu bingung dengan cara mencari topik pembicaraan yang baik, pada kesempatan ini kami akan memberikan usalan tentang topik-topik pembicaraan yang menarik yang dapat kamu praktikan.

Hal yang harus kamu ketahui adalah, pada saat melakukan pembicaraan kamu harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Alasanya adalah, di setiap kondisi memiliki topiknya masing-masing. Berikut ini adalah cara mencari topik pembicaraan yang menarik sesuai dengan kondisnya.

  • Cara Mencari Topik Pembicaraan Ketika Bepergian
  • Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Pasangan
  • Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Rekan Kerja
  • Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Teman Lama

Cara Mencari Topik Pembicaraan Ketika Bepergian

Mengutip dari buku Think Smart Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Ismail Kusmayadi (2007), agar pembicaraan berlangsung menarik, harus ada topik obrolan sebagai salah satu penunjang dalam keaktifan berbicara. Terdapat beberapa topik pembicaraan yang dapat kamu gunakan ketika bepergian, yaitu:

  • Membahas Perjalanan (Asal dan Tujuan)

Jika kamu sedang melakukan perjalanan dengan kereta api, bus, atau pesawat, pastinya akan merasa boring atau bosan ketika tidak ada yang dibahas. Oleh karena itu, kamu bisa membahas terkait dengan asal dan tujuan perjalanan dengan orang yang berada di samping kamu. Itu adalah cara jitu untuk menemukan teman baru.

  • Membahas tentang Cuaca yang Ada

Menanyakan atau membahas tentang cuaca juga adalah hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa membahas tentang kondisi cuaca pada hari tersebut, misalnya “Cuaca hari ini panas sekali, ya.”, “Kok dingin sekali, ya? Kenapa kamu tidak memakai jaket?”, atau “Kenapa hujannya tidak lekas mereda, ya?”.

  • Meminta Pertolongan

Untuk memulai pembicaraan, cara yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah meminta tolong kepada orang yang berada di dekatmu. Kamu bisa meminta tolong orang di dekat kamu untuk melakukan sesuatu, seperti membukakan minuman kemasan yang sulit dibuka atau yang lainnya. Cara ini cukup baik untuk membuka topik pembicaraan.

  • Membahas Kondisi Sekitar

Topik pembicaraan bisa dapatkan dengan membahas kondisi sekitar. Kamu dapat mengungkapkan rasa kagum atau perasaan lainnya ketika melihat kondisi sekitar seperti pemandangan yang indah. Cara ini cukup menarik untuk memulai obrolan yang lebih panjang.

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Pasangan

Saat bersama pasangan kadangkala kita kehabisan topik pembicaraan yang berujung membuat suasana menjadi canggung. Jika kamu kesulitan untuk mencari topik pembicaraan, berikut adalah cara mencari topik pembicaraan dengan pasangan:

  • Memuji Pasangan

Memberikan pujian adalah awal yang baik untuk membuka topik pembicaraan dengan pasangan. Hal ini dikarenakan setiap orang sejatinya akan merasa tersanjung ketika dipuji oleh lawan bicaranya. Dengan memberikan pujian, pembicaraan akan berjalan lebih menyenangkan dan terasa hangat.

  • Membahas Topik Hangat di Media Sosial

Membahas hal-hal yang sedang trending di media sosial juga dapat menjadi pilihan topik pembicaraan dengan pasangan. Topik pembicaraan tentang isu-isu terbaru ini juga dapat kamu kembangkan dengan membahas sudut pandang masing-masing dan cara menyikapinya. Kamu bisa menemukan topik yang trending topik dari media sosial Twitter, TikTok, atau Instagram.

  • Menanyakan tentang Harinya

Pertanyaan ini bisa kamu lontarkan kapan saja karena tidak ada hari yang berjalan sama persis dengan sebelumnya. Mungkin saja harinya sedang berjalan dengan baik atau sedang sangat buruk dan membutuhkan tempat untuk bercerita. Kamu bisa mengapresiasi cara pasanganmu melewati harinya yang mungkin terasa berat. Hal ini dapat membuat pembicaraan terasa lebih hangat karena adanya rasa peduli satu sama lain.

  • Membahas Tentang Hobi

Membahas tentang hobi juga dapat menjadi topik yang menarik. Membahas hobi adalah hal yang menyenangkan jika dibahas bersama pasangan, apalagi jika memiliki hobi yang sama. Kamu dapat berbagi informasi dan pandangan tentang suatu kegemaran. Dengan membahas hobi pastinya hubungan bisa semakin dekat.

  • Membicarakan Lagu dan Film

Membahas lagu yang sering didengar dan film juga menjadi topik pembicaraan yang menarik dengan pasangan. Kamu bisa bertanya tentang genre lagu, drama, atau film yang disukainya. Hasil dari topik pembicaraan ini juga dapat kamu gunakan untuk ide kencan selanjutnya, seperti menonton bioskop atau menonton konser musik.

  • Membahas Masa Depan

Membicarakan mimpi dan rencana masa depan juga merupakan topik pembicaraan yang menarik dengan pasangan. Kamu bisa membahas tentang sesuatu yang akan dilakukan dalam waktu dekat dan cita-cita yang ingin digapai di masa depan. Akan sangat menyenangkan jika mendengar pasanganmu mendukung berbagai cita-cita dan impianmu. 

  • Membahas Pengalaman yang Menyenangkan

Agar hubungan terasa lebih erat dan mendalam, kamu dapat membahas topik tentang pengalaman yang menyenangkan. Kamu bisa memulai topik pembicaraan ini dengan saling bertukar cerita masa lalu. Tanyakan tentang tempat favorit yang pernah dikunjungi, trauma, hal-hal unik yang terjadi, dan lain sebagainya. Menceritakan pengalaman masa lalu dapat membuat pasangan lebih mengenal satu sama lain.

  • Membahas Tempat yang Ingin Dikunjungi

Membahas tempat yang ingin dikunjungi juga menjadi hal yang menarik untuk dibahas dengan pasangan. Kamu bisa memulai pembicaraan dengan menyebut tempat-tempat yang sedang ramai dibicarakan dan bertanya mengenai tempat yang ingin dikunjungi oleh pasanganmu.

  • Membahas Love Language

Membicarakan love language adalah hal yang menarik perhatian untuk dibahas. Love language terbagi menjadi lima jenis, yakni word of affirmation, physical touch, quality time, act of service, dan receiving gift. Membahas topik ini akan menjadikan hubungan dengan pasangan menjadi semakin dekat.

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Rekan Kerja

Jika kamu termasuk orang tidak mudah memulai pembicaraan dengan rekan kerja. Tentu kamu perlu mencari topik pembicaraan dengan rekan kerja. Kedekatan dengan rekan kerja dapat dijalin dengan baik melalui obrolan yang dibicarakan satu sama lain. Berikut ini bisa dijadikan tips jika kamu ingin memiliki kedekatan dengan rekan kerja di kantor.

  • Membicarakan Pengalaman Kerja

Membahas pengalaman kerja adala hal yang menarik. Misalnya dengan membahas pengalaman kerja rekan senior. Topik obrolan seperti ini dianggap cocok untuk menjalin hubungan sosial yang erat dengan rekan kerja. Kamu juga dapat  menanyakan tips bekerja untuk obrolan dengan rekan kerja yang sudah senior. Hal ini dinilai penting, terutama jika kamu baru saja berkarier sebagai pemula.

  • Membahas Tempat Favorit

Kamu dapat membahas tempat favorit yang sering dikunjungi. Kamu bisa memulai topik ini dengan membahas seputar makanan dan minuman andalan. Kamu dan rekan kerja dapat saling memberikan referensi mengenai kedai kopi atau restoran andalan di sekitar kantor. Tentu saja hal ini bisa membuat hubungan satu sama lain terjalin dengan baik.

  • Membahas Hal Personal yang Tidak Sensitif

Kamu bisa membahas hal yang cenderung personal. Hal ini dinilai boleh-boleh saja, namun jangan sampai memilih pertanyaan yang sifatnya privasi. Sebelum menanyakan hal personal, kamu dapat memperhatikan rekan terlebih dulu.

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Teman Lama

Topik obrolan menjadi hal penting agar reuni atau pertemuan kalian dengan teman-teman lama berjalan lancar dan berkesan. Ketepatan dalam memilih tema bisa menjadikan suasana cair dan tidak canggung lagi. Berikut rangkuman macam-macam topik obrolan bebas saat bersua teman lama:

  • Memulai dengan Pertanyaan Sederhana

Untuk memulai pertanyaan saat bertemu teman lama, bisa diawali dengan percakapan yang sederhana, seperti menanyakan kabar terbaru seputar kehidupannya atau cerita-cerita personal yang memang dulu sering dibicarakan bersama.

  • Membicarakan Kejadian Hari Ini

Jika bertemu dengan teman lama pada momen reunian, kamu bisa memulainya dengan  menanyakan kejadian hari ini. Hal ini memang terkesan basa-basi, tetapi terkadang percakapan ini dapat memunculkan topik lain yang bisa dibicarakan. Kalian bisa bertanya, “naik kendaraan apa tadi sampai ke tempat ini?”, “jalanan hari sedikit macet ya?”, atau kalian juga bisa memuji pakaian temanmu dan perubahan yang terjadi dalam dirinya. Berikanlah pujian yang tulus agar temanmu juga dapat merasakannya.

  • Membicarakan Topik Pribadi

Topik ini boleh-boleh saja dibahas dengan teman lama. Namun, ada baiknya kalian tidak bertanya soal pekerjaan, keluarga, atau asmara yang dapat membuat lawan bicara tidak nyaman. Cobalah mulai menanyakan tentang kabar keluarganya, ibu atau ayahnya. Kamu juga bisa juga menanyakan kesibukannya sekarang. Ketika melakukan percakapan dengan teman lama sebaginya kamu tidak menanyakan hal-hal yang sensitif.

Membicarakan Hal yang Berkaitan
Topik yang baik dibicarakan saat bertemu dengan teman lama adalah sesuatu yang berhubungan satu sama lain atau pengalaman masa lalu, misalnya kamu membicarakan topik memasak jika kalian sama-sama memiliki hobi.

  • Membahas Masa Lalu
Percakapan dengan tengan teman lama bisa kamu mulai dengan membahas kejadian pada masa lalu yang menyenangkan. Hal ini dapat membuat kamu dan temanmu mengingat kembali kejadian tersebut. Jika kamu dan temanmu sudah menemukan kembali ritme pembicaraan, jangan ragu untuk merencanakan waktu untuk bertemu kembali. Hal ini dapat menunjukkan jika kamu ingin tetap menjaga hubungan silaturahmi dengannya.

(m. taufik naufal/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network