Bacaan Sholat Tarawih dari Awal Sampai Akhir, Arab, Latin dan Artinya

"yuk simak"

Life | 10 December 2022, 09:52
Bacaan Sholat Tarawih dari Awal Sampai Akhir, Arab, Latin dan Artinya

Saat bulan suci ramadhan tiba, banyak amal kebaikan yang mesti kita perbuat. Sebab bulan ramadhan termasuk salah satu bulan yang memiliki beberapa keistimewaan. Pada bulan tersebut melakukan suatu kebaikan dapat bernilai pahala yang berlipat ganda. Begitu juga sebaliknya, jadi bulan ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk mempertebal keimanan.

Salah satu amalan yang dikerjakan secara rutin oleh umat muslim pada umumnya ialah mengerjakan sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada bulan suci ramadhan. Waktu pengerjaannya pada malam hari setelah sholat isa'. Seperti halnya dengan sholat lainnya, mengerjakan sholat tarawih juga memiliki beberapa tata cara shalat dan bacaan doanya.

Bacaan Sholat Tarawih Dari Awal Sampai Akhir
Daun.id

sumber: pixabay

Sholat tarawih ini dapat dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau mushola. Selain itu juga dapat dilaksanakan sendiri di rumah. Berikut ini bacaan sholat tarawih dari awal sampai akhir:

1. Membaca niat sholat tarawih

- Saat menjadi imam:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnata tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta'aalaa

Artinya: “Aku niat Shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat menjadi imam karena Allah Ta’ala”

- Saat menjadi makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnata tarawiihi rak'ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta'aala

Artinya: “Aku niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala”

- Saat sholat sendirian

ُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarawihi rak‘ataini mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

Setelah membaca bacaan niat sholat tarawih, selanjutnya melakukan gerakan sholat seperti pada umumnya. Untuk sholat tarawih dilakukan dengan cara dua rakaat salam. Jumlah rakaat dalam sholat tarawih terdapat perbedaan antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama'

Menurut Nahdlatul Ulama' jumlah rakaat sholat tarawih dilakukan sebanyak 20 rakaat. Sedangkan menurut Muhammadiyah jumlah rakaat sholat tarawih ialah 8 rakaat.

2. Bacaan doa sholat tarawih:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبِاالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ. وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلٰى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ, بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَّعِيْنَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُوْلٰئِكَ رَفِيْقًا ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا اَللّٰهُمَّ اَجْعَلْنَا فِى هٰذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْن.وصلى الله على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه وسلّم والحمد لله ربّ العالمين.

Allahumaj'alna bil iimaani kaamiliin, walil faraaidi muaddiin, walish sholaati haafidhiin, waliz zakaati faa'iliin, wa lima 'indaka thaalibiin, wali'afika raajiin, wabil hudaa mutamassikin, wa 'anillaghwi mu'ridhiin, Wafid dunyaa zaahidin, wafil aakhirati raaghibin, wabil qadhaa i raadhiin, walin na'maa i syaakirin, wa 'alal balaaa i shaabirin, wa tahta lawaa i muhammadin shollallahu alaihi wasallam yaumal qiyaamati saairin, wa Ilal haudi waaridiin, wa Ilal jannati daahilin, waminan naari naajiin, wa 'ala sariril karaamati qaaidin, wamin huurin 'iinin mutazawwijiin, win sundusin waistabraqin wadiibaajin mutalabbisiin, wamin tho'amil jannati aakiliin, wamin labani wa'asalin musaffan syaaribiin, bi akwabin wa abaariqo Waka sin min ma'iin.ma'allafziina an'amta 'alaihim Mina mabiyyiina wa shiddiqiina wa syuhadaai wa sholihiin, wahasuna ulaaaika rafiiqa, dzalikal Fadhli minallaahi wakafaa billaahi 'aliima. Allahumaj'alna fii haadzal lailati Syahril mubaarakati Monas su'adaail maqbuulin walaa taj'alna minal asyqiyaail marduudin.Washollallahu ‘ala sayyidina muhammadin waala alihi wasohbihi wasallam walhamdulillahi robbil alamin.

Artinya: "Ya Allah, Jadikanlah kami berkat iman orang-orang yang sempurna, orang-orang yang mengerjakan hal-hal yang fardu, orang-orang yang memelihara sholat, orang-orang yang menunaikan zakat, orang-orang yang mengharapkan pahala yang ada di sisi-Mu, orang-orang yang mengharapkan ampunan-Mu, orang-orang yang berpegang teguh kepada hidayah, orang-orang yang berpaling dari perbuatan yang sia-sia, orang-orang yang berzuhud terhadap duniawi, orang-orang yang mengharapkan pahala akhirat, orang-orang yang ridha dengan qada, orang-orang yang mensyukuri nikmat, orang-orang yang sabar menghadapi cobaan dan musibah, dan orang-orang yang berjalan di bawah panji Nabi Muhammad Saw, kelak di hari kiamat, orang-orang yang digiring munuju telaga (Kausar) untuk meminum airnya, orang-orang yang masuk kedalam surga, orang-orang yang diselamatkan dari neraka, orang-orang yang didudukkan di atas dipan-dipan kemuliaan, orang yang mengawini bidadari-bidadari yang bermata jeli, orang-orang yang mengenakan pakaian dari sutra tipis dan tebal, orang-orang yang memakan makanan surga, dan minum dari air susu dan madu dengan memakai gelas-gelas dan cerek-cerek serta sloki (piala) yang langsung dari sumber-sumbernya." "Yaitu dengan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat kepada mereka dari kalangan para nabi, kaum siddiqin, para syuhada dan orang-orang yang saleh, mereka adalah sebaik-baik teman, yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan cukuplah Allah Yang Maha Mengetahui" "Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang berbahagia yang diterima amal perbuatannya dalam bulan yang mulia dan diberkati ini, dan janganlah Engkau jadikan kami orang-orang celaka yang ditolak amal perbuatannya. Semoga tambahan rahmat dan keselamatan tetap mengalir kepada Sayyidina Muhammad, keluarganya, dan sahabatnya. Segala puji hanya milik Allah.

3. Tata Cara Sholat Tarawih
 
Salah satu amalan utama di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih dan witir. Shalat ini dianjurkan untuk dilakukan secara konsisten dalam sebulan. Shalat tarawih dikerjakan dengan salam setelah 2 rakaat. Tata caranya yaitu sebagai berikut:
Daun.id

sumber: pixabay

- Membaca niat salat tarawih sesuai posisi, yaitu berjamaah, sendiri, atau menjadi imam
- Takbiratul ihram dengan tumaninah
- Membaca doa iftitah
- Membaca surah Al Fatihah
- Membaca surah Al Quran
- Rukuk dengan tumaninah
- Iktidal dengan tumaninah
- Sujud pertama dengan tumaninah
- Duduk di antara 2 sujud dengan tumaninah
- Sujud kedua dengan tumaninah
- Berdiri untuk melakukan rakaat kedua dengan cara yang sama
- Tasyahud akhir dengan tumaninah. Lalu, salam setelah 2 rakaat
- Setelah rakaat tarawih lengkap sebanyak 8 atau 20 rakaat, sambung dengan witir
- Membaca niat sholat witir
- Tata cara witir seperti sholat pada umumnya
-Tutup dengan doa setelah sholat witir dan niat berpuasa esok hari

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya