Bacaan Niat Sholat Dzuhur, Dilengkapi Tata Cara Pelaksanaannya

"Bacaan niat, tak bisa ditinggalkan dalam sholat dzuhur."

Life | 12 December 2022, 12:53
Bacaan Niat Sholat Dzuhur, Dilengkapi Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat dzuhur merupakan suatu sholat fardhu yang dilaksanakan dengan memiliki jumlah rakaat sebanyak empat. Dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara berjamaah maupun sendirian. Sebagai sholat fardhu, sholat merupakan tiang agama. Selain itu amalan sholat fardhu juga akan menjadi amalan yang dihisab pertama kali saat di akhirat.

Dalam pelaksanaan sholat dzuhur terdapat beberapa bacaan yang harus dilafalkan. Selain itu juga dilakukan dengan menggunakan tata caranya. Niat merupakan salah satu rukun sholat yang tidak dapat ditinggalkan. Jika ditinggalkan dapat membuat sholat batal atau tidak sah.

Waktu sholat dzuhur dapat dikerjakan pada siang hari atau mulai tergelincirnya matahari. Saat melakukan sholat dzuhur kita juga perlu melafalkan lafal niat sholat dzuhur terlebih dahulu. Penjelasan secara detail akan dibahas sahabat daun di bawah ini!

Bacaan Niat Sholat Dzuhur

Daun.id

sumber; pixabay.com

Sholat dzuhur dikerjakan dengan jumlah rakaat sebanyak empat kali. Niat merupakan suatu bacaan yang sangat penting dalam sholat dzuhur. Melakukan sholat dzuhur dapat dikerjakan secara berjamaah maupun sendiri. Berikut ini bacaan niat sholat dzuhur:

1. Bacaan sholat dzuhur berjamaah

- Sebagai imam

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalliy fardha-zzhuhri arba'a raka'atin mustaqblilal-qiblati adaa-an imaman lillahi ta'ala

Artinya: "Aku berniat sholat fardhu Zuhur empat rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

- Sebagai makmum

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalliy fardha-zzhuhri arba'a raka'atin mustaqblilal-qiblati adaa-an ma'muman lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat sholat fardhu Zuhur empat rakaat menghadap kiblat sebagai imam sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

"Usholli Fardlon dhuhri Arba'a Rok'aataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta'aala".

Artinya: "Aku niat melakukan sholat fardu dhuhur 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala"

Sholat dzuhur dapat dilaksanakan dengan menggunakan tata cara sebagai berikut ini:

1. Takbiratul ihram, yaitu mengucapkan kalimat Allâhu Akbar saat memulai shalat. Sebagai tanda bahwa sudah masuk dalam sholat.

2. Memasang niat sholat dzuhur bersamaan dengan takbiratul ihram.

3. Berdiri bagi yang mampu.

4. Membaca surat al-Fatihah.

5. Ruku’ sambil membaca kalimat, Subhâna rabbiyal ‘adhîmi wa bihamdihi, “Maha suci Tuhanku yang maha agung dengan segala pujian-Nya” sebanyak tiga kali.

6. I’tidal dan membaca kalimat, Sami’allâhu liman hamidah rabbanâ lakal hamdu, “Semoga Allah mengabulkan panjatan doa hamba yang memuji-Nya”.

7. Sujud sambil membaca, Subhâna rabbiyal a’la wa bihamdihi, “Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi dengan segala pujian-Nya” sebanyak tiga kali.

8. Duduk di antara dua sujud sambil membaca, Rabbighfirlî warhamnî wajburnî warfa’nî warzuqnî wahdinî wa‘âfinî wa‘fu ‘annî, “Ya Tuhan, ampunilah diri ini, sayangilah, perbaikilah, dan angkatlah derajat hamba, berilah hamba rizki dan ampunan sebanyak-banyaknya”.

9. Thuma’ninah (diam, tidak bergerak sejenak) dalam empat rukun sebelumnya.

10. Membaca tasyahud akhir. Bacaan yang paling pendek adalah, Attahiyyatu lillah salamun ‘alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakatuh, salamun ‘alaina wa ‘ala ibadillah as-sholihin, “Penghormatan terbesar teruntuk Allah ﷻ, keselamatan, kasih sayang, juga aliran berkah semoga selalu bagi sang baginda Nabi, dan semoga kesejahteraan menyelimuti orang-orang yang saleh”.

11. Membaca shalawat Nabi setelah tasyahud akhir.

12. Duduk untuk membaca shalawat Nabi, tasyahud akhir, dan salam.

13. Melafalkan salam (Assalâmualaikum warahmatullâh).

14. Tertib dalam melakukan setiap rukun di atas.

Demikianlah bacaan niat sholat dzuhur sekaligus tata cara pelaksanaannya. Niat merupakan salah satu rukun sholat, maka tidak dapat ditinggalkan dalam sholat dzuhur. Wallahu a‘lam bi as-shawab.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya