Inilah Bola Semifinal dan Final Piala Dunia 2022, Adidas Al Hilm

"Pengganti Adidas Al Rihla untuk fase penentuan."

Sports | 12 December 2022, 22:22
Inilah Bola Semifinal dan Final Piala Dunia 2022, Adidas Al Hilm

Memasuki babak akhir Piala Dunia 2022, FIFA akan menggunakan bola khusus untuk semifinal dan final. Menggunakan nama Adidas Al Hilm, bola ini akan menggantikan Adidas Al Rihla.

Dalam Bahasa Arab, Al Hilm berarti mimpi (dream). Bola ini dibuat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi terbaru. Al Hilm menyertakan teknologi Adidas terbaru yang dikenal sebagai "connected ball". Ini belum pernah ada sebelumnya, termasuk di bola selama fase grup hingga perempat final, Al Rihla.

Semua teknologi Al Hilm berharga membantu ofisial pertandingan dalam membuat keputusan yang lebih cepat dan akurat.

Dikombinasikan dengan data posisi pemain, inovasi ini menawarkan data instan Video Match Officials. Tujuannya, membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan secara akurat, serta untuk menghindari kontroversi yang mungkin tercipta selama pertandingan penentuan.

Menggabungkan data bola yang ditangkap oleh sensor yang ada di dalam bola dan menerapkan kecerdasan buatan, teknologi baru ini mendukung sistem offside semiotomatis. Bola ini akan menyediakan momen yang tepat ketika bola dimainkan dalam situasi off side yang ketat.

Menurut Direktur Teknologi dan Inovasi Sepakbola FIFA, Johannes Holzmueller, pengembangan Al Hilm sangat memuaskan semua yang terlibat.

"Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi Video Match Officials. Data dari bola membuka wawasan baru untuk menangkap seputar momen unik di lapangan selama Piala Dunia," kata Johannes Holzmueller di situs resmi FIFA.

Addas Al Hilm juga dirancang dengan memperhatikan semua komponen yang telah dipertimbangkan dengan cermat. Ini akan menjadi bola semifinal serta final Piala Dunia pertama yang dibuat menggunakan tinta maupun lem berbahan dasar air.

Dalam desainnya, Al Hilm dibuat dengan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus. Dia mengambil inspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah yang mengelilingi Doha, warna trofi Piala Dunia, dan pola bendera Qatar.

"Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepakbola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh hasrat mereka terhadap permainan ini," kata Manajer Sepakbola Adidas, Nick Craggs.

"Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik karena mereka bersaing di panggung terbesar yang ditawarkan sepakbola," pungkas Nick Craggs.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya