Bacaan Setelah Sholat Istikharah Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah bacaan setelah sholat istikharah lengkap teks Arab, Latin dan Artinya."

Life | 17 December 2022, 18:25
Bacaan Setelah Sholat Istikharah Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Sholat Istikharah merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mempermudah ketika memilih atau memperjelas suatu perkara/masalah. Misalnya adalah masalah pekerjaan, jodoh, sekolah dan lain-lain.

Dengan melakukan sholat Istikharah, segala urusan dan perkara akan dipermudah oleh Allah SWT. Khususnya adalah yang berkaitan dengan memilih sesuatu. Saat kamu kebingungan ketika memilih suatu hal, sebaiknya kamu melaksanakan sholat Istikharah terlebih dulu agar di permudah oleh Allah SWT.

Niat Sholat Istikharah

Ketika hendak melakukan sholat Istikharah, berikut adalah niat melaksanakan sholat Istikharah:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa
 

Artinya: "Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala".

Tata Cara Sholat Sunnah Istikharah

Daun.id

unplash.com

Tata cara pelaksanaan sholat Istikharah sama dengan pelaksanaan sholat pada umumnya. Perberdaanya adalah pada niat dan tujuan dari sholat. Sholat istikharah dilaksanakan misalnya ketika mengalami kebingungan dalam memilih suatu hal.

Waktu untuk melaksanakan sholat Sunnah ini sebenarnya dapat dilakukan kapan pun. Namun yang paling bagus adalah pada sepertiga malam terakhir seperti sholat Tahajud. Kamu juga dapat melakukan sholat Istikharah setelah melaksanakan sholat Tahajud.

Berikut ini adalah tata cara pelaksanaan sholat Istikharah;

- Membaca niat sholat istikharah.

- Takbiratul ihram, lalu baca doa iftitah dan surat Al Fatihah.

- Pada rakaat pertama setelah membaca surat al fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirun.

- Ruku’.

- I’tidal.

- Sujud pertama dengan tuma’ninah.

- Duduk di antara dua sujud.

- Sujud kedua dengan tuma’ninah.

- Berdiri lagi melakukan rakaat kedua. Pada rakaat kedua usai membaca Al-fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.

- Dilanjutkan Ruku hingga tahiyat akhir dan salam.

Bacaan Setelah Sholat Istikharah

Setelah melaksanakan sholat Istikharah serta membaca dzikir, kamu dapat membaca doa berikut. Saat membaca sebutkan perkara atau pilihan apa yang ingin kamu selesaikan.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ – ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ – خَيْرًا لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – قَالَ أَوْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ.
 
Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.
 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku beristikhoroh pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku dimanapun itu sehingga aku pun ridho dengannya".

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya