Bacaan Sholat Sunnah Jumat 2 Rakaat, Lengkap dengan Keutamaannya 

"Berikut adalah bacaan sholat sunnah jumat dua rakaat beserta keutamaanya."

Life | 20 December 2022, 14:15
Bacaan Sholat Sunnah Jumat 2 Rakaat, Lengkap dengan Keutamaannya 

Sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat wajib disebut sebagai sholat qobliyah. Kemudian sholat yang dilakukan setelah melaksanakan sholat wajib disebut sebagai sholat ba'diah. Sholat qobliyah dan juga ba'diah ini salah satu keutamannya adalah sebagai penyempurna sholat jika saja ada kebolongan atau kekurangan yang secara tidak sadar terjadi ketika sholat wajib.
Daun.id

unplash.com

Bagaimana Hukum Sholat Sunnah Jumat 2 Rakaat?

Para ulama sepakat bahwa shalat sunnah yang di lakukan setelah shalat Jumat adalah sunah dan termasuk rawatib ba'diyah Jumat. Hal ini seperti diriwayatkan Imam Muslim dan Imam Bukhari:

 عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ الجُمْعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أَرْبَعاً

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Jika salah seorang di antara kalian shalat Jumat hendaklah shalat empat rakaat setelahnya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedangkan sholat qabliyah hukumnya adalah sebagai berikut. Hadits ini secara umum menerangkan adanya shalat sunah qabliyah tanpa terkecuali shalat Jumat. Hadits Rasulullah SAW:
 
 وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ سُلَيْكٌ الغَطَفَانِيُّ وَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَصَلَّيْتَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تَجِيْءَ؟ قاَلَ لاَ. قَالَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا. سنن ابن ماجه
 
Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA berkata: Sulayk al-Ghathafani datang (ke masjid), sedangkan Rasulullah SAW sedang berkhutbah. Lalu Nabi bertanya: Apakah kamu sudah shalat sebelum datang ke sini? Sulayk menjawab: Belum. Nabi bersabda: Shalatlah dua rakaat dan ringankan saja (jangan membaca surat yang panjang). (Sunan Ibn Majah: 1104).
 
Berdasar dalil-dalil tersebut, Imam al Nawawi menegaskan dalam kitab Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab sebagai berikut:

 فَرْعٌ فِيْ سُنَّةِ الجُمْعَةِ بَعْدَهَا وَقَبْلَهَا. تُسَنُّ قَبْلَهَا وَبَعْدَهَا صَلاَةٌ وَأَقَلُّهَا رَكْعَتَانِ قَبْلَهَا وَرَكْعَتَانِ بَعْدَهَا. وَالأَكْمَلُ أَرْبَعٌ قَبْلَهَا وَأَرْبَعٌ بَعْدَهَا
 
Artinya: (cabang). Menerangkan tentang sunah shalat Jumat sebelumnya dan sesudahnya. Disunahkan shalat sunah sebelum dan sesudah shalat Jumat. Paling sedikit dua rakaat sebelum dan sesudah shalat Jumat. Namun yang paling sempurna adalah shalat sunah empat rakaat sebelum dan sesudah shalat Jumat. (Al-Majmu’, Juz 4: 9) 
 

Bacaan Niat Sholat Sunnah Jumat 2 Rakaat

Daun.id

unplash.com

Qabliyah Jumat 2 Rakaat
Bacaan niat pengerjaan salat sunah qabliyah Jumat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal Jumu‘ati rak‘ataini qabliyyatan lillāhi ta‘ālā.

Artinya: "Aku berniat salat sunah qabliyah Jumat dua rakaat karena Allah SWT."

Ba'diyah Jumat 2 Rakaat
Adapun niat sholat ba'diyah Jumat, yakni:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً لِلهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal jumu'ati rak'ataini ba'diyatan lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat sholat sunah setelah Jumat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Kautamaan Sholat Rawatib Qabliyah dan Ba'diah 

Berikut keutamaan-keutamaan sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat maktubah, sebagaimana dijelaskan dalam kitab at-Targhib wa at-Tarhib karya Al Mundziri:

Qabliyah fajar

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: رَكْعَتَالْفَجْرِخَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَاوَمَا فِيْهَا

Rasulullah ﷺ bersabda, “Sholat dua rakaat fajar itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya.”

Qabliyah dan badiyah Zuhur/Jumat

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  مَنْ يُحَافِظُ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظًّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَاحَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang menjaga sholat sunnah empat rakaat sebelum Zuhur dan sholat sunnah empat rakaat setelah Zuhur, Allah SWT mengharamkan baginya neraka.

Qabliyah Ashar

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الْعَصْرِ حَرَّمَ اللَّهُ بَدَنَهُ عَلَى النَّارِ.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang sholat empat rakaat sebelum sholat Ashar maka Allah mengharamkan baginya neraka.”

Badiyah Maghrib

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ لَمْ يَتَكَلَّمْ فِيمَا بَيْنَهُنَّ بِسُوءٍ عُدِلْنَ لَهُ بِعِبَادَةِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ سَنَةً

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat enam rakaat setelah maghrib (sholat sunah awabin), kemudian ia tidak berbicara buruk di antara sholat tersebut, maka akan dihitung baginya dengan ibadah selama dua belas tahun.”

Badiyah Isya

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   : مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَالْاَخِرَةَ فِى جَمَاعَةٍ وَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ قَبْلَ أَنْ يَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ كَانَ كَعَدْلِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ. 

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa sholat Isya dengan berjamaah dan kemudian sholat empat rakaat sebelum keluar dari masjid, maka yang demikian itu seperti lailatul qadar.” 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya