Bacaan Niat Sholat Qodho Dhuhur Diwaktu Ashar, Ketahui Penjelasannya

"Sesegera mungkin lakukan qodho pada sholat yang telah terlewatkan."

Life | 28 December 2022, 09:13
Bacaan Niat Sholat Qodho Dhuhur Diwaktu Ashar, Ketahui Penjelasannya

Shalat qodho adalah shalat yang dilakukan setelah terlewatkannya shalat wajib sebagai pengganti dari shalat yang telah terlewatkan sebelumnya. Shalat qodho dapat dilakukan pada waktu yang tepat sesuai dengan waktu shalat wajib yang telah lewat. Salah satu waktu shalat qodho yang dapat dilakukan adalah shalat qodho dhuhur pada waktu ashar.

Shalat qodho dhuhur pada waktu ashar dilakukan dengan cara yang sama seperti shalat dhuhur. Sholat qodho dilakukan dengan melakukan sholat di luar waktunya. Untuk melakukan shalat qodho dhuhur pada waktu ashar, seorang muslim harus memenuhi syarat-syarat yang sama seperti melakukan shalat dhuhur wajib.

Berikut ini penjelasan sholat qodho menurut Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha:

وأما القضاء: فهو تدارك الصلاة بعد خروج وقتها، أو بعد أن لا يبقى من وقتها ما يسع ركعة فأكثر وإلا فهي أداء

Artinya: “Adapun qadha (dalam shalat) ialah melaksanakan shalat sesudah habisnya waktu, atau sesudah waktu yang tidak mencukupi untuk menyelesaikan satu rakaat atau lebih. Kondisi sebaliknya disebut adâ’.

Bacaan Niat Sholat Qodho Dhuhur Diwaktu Ashar

Daun.id

sumber; pexels.com

Sholat qodho dilakukan untuk mengganti sholat yang telah terlewatkan. Seperti halnya sholat dzuhur, maka dapat dilakukan qodho pada waktu sholat ashar. Salah satu rukun dalam sholat yang tak dapat ditinggalkan ialah membaca niat. Berikut ini bacaan niat sholat qodho dzuhur diwaktu ashar:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ قَضَا ءً لِلَّهِ تَعَالَى

"Ushallii fardhazh-Zhuhri arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati qodho'an lilaahi ta'aalaa"

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan salat fardhu dzuhur sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat serta qadha karena Allah Ta'ala,"

Sedangkan dalam pelaksanaan tata cara sholat qodho menyesuaikan dengan sholat yang telah ditinggalkan. Artinya melakukan gerakan sholat persis dengan sholat yang sedang di qadha.

Seorang muslim yang meninggalkan sholat, sesegera mungkin untuk mengqadhanya. Hal ini sesuai hadits riwayat berikut ini:

من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها، لا كفارة لها إلا ذلك

Artinya: “Barangsiapa meninggalkan shalat karena tertidur atau lupa, maka laksanakanlah shalat saat ia ingat. Tidak ada denda baginya kecuali hal tersebut.” (HR. Bukhari Muslim)

Wallahu a‘lam bi as-shawab

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya