Masih Ingat Doan Van Hau? Dulu Cederai Evan Dimas, Kini Rusuh Lawan Malaysia

"Pemain paling kotor di Asia Tenggara."

Sports | 28 December 2022, 16:22
Masih Ingat Doan Van Hau? Dulu Cederai Evan Dimas, Kini Rusuh Lawan Malaysia

Doan Van Hau tak mampu mencetak gol dalam pertandingan Vietnam melawan Malaysia pada lanjutan Piala AFF 2022 Grup B di My Dinh National Stadium, Hanoi, Selasa (27/12/2022). Tapi, dia jadi sorotan karena bermain licik, culas, kotor, dan kurang sportif.

Baru berusia 23 tahun, Doan Van Hau sudah memiliki 30 caps bersama Vietnam. Itu membuktikan peran vital mantan pemain Heerenveen tersebut dalam skema permainan The Golden Star.

Melawan Malaysia, Park Hang-seo mempercayakan Doan Van Hau tampil mengamankan pertahanan sekaligus mendukung serangan di sisi kiri. Kehadiran Doan Van Hau memberi ancaman tersendiri bagi Malaysia. Sebab, dia sering mendukung serangan. Dia juga bermain kotor menjurus licik.

Aksi Doan Van Hau yang mencolok adalah ketika mengadang Azam Azmi masuk ke kotak penalti pada menit 16. Dia mengamankan bola yang bergulir ke kotak penalti agar kiper kelahiran Rusia, Dang Van Lam, bisa menangkap dengan baik. Tapi, Azam Azmi bergerak cepat sesaat sebelum bola ditangkap Dang Van Lam.

Situasi itu membuat Doan Van Hau bereaksi dengan menggerakkan siku serta badannya untuk menjatuhkan Azam Azmi. Pemain Malaysia terguling-guling kesakitan.

Tidak hanya itu, Doan Van Hau juga berduel sengit dengan Azam Azmi yang berujung penalti kontroversial Vietnam. Doan Van Hau, yang berebut bola dengan Azam Azmi, terjatuh di dekat papan iklan. Sebelum bangun, Azam Azmi sempat terlihat menendang dan mengarahkan sepatunya ke kepala Doan Van Hau.

Selain dengan Azam Azmi, Doan Van Hau juga terlibat adu fisik dengan pemain Malaysia lainnya, Shahrul Nazeem. Dalam sebuah momen terlihat keduanya berebut bola. Doan Van Hau kembali menggunakan sikut dan membuat Shahrul Nazeem menjauh. Tapi, Shahrul Nazeem membalas dengan melayangkan pukulan ke leher pemain Hanoi FC.

Bagi pendukung Indonesia, apa yang dilakukan Doan Van Hau kepada pemain-pemain Malaysia tidak mengherankan.

Jika anda ingat, pada SEA Games 2019, ketika Vietnam U-23 bertemu Indonesia U-23, Doan Van Hau jadi musuh nomor satu suporter Merah-Putih. Itu karena aksinya yang dengan sengaja mencederai Evan Dimas. Dia menginjak kaki kapten Indonesia hingga cedera parah.

Dengan Evan Dimas yang keluar lapangan karena cedera, permainan Indonesia kacau. Dengan leluasa, Vietnam kemudian mengalahkan Indonesia untuk menyabet medali emas. Sedangkan Evan Dimas harus ke podium pengalungan medali perak di atas kursi roda.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya