Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Menyusui, Paling Aman Dan Ampuh

"Gunakan obat ini dan bayi terjamin keamanannya."

Life | 01 January 2023, 09:01
Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Menyusui, Paling Aman Dan Ampuh

Ibu menyusui adalah seorang wanita yang memberikan ASI (air susu ibu) kepada bayinya. ASI merupakan makanan terbaik yang dapat diberikan kepada bayi baru lahir, karena mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Selain itu, ASI juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi bayi dari infeksi.

Ibu menyusui dapat memberikan ASI secara eksklusif, yaitu hanya memberikan ASI tanpa memberikan makanan atau minuman lain selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. Setelah 6 bulan, ibu menyusui dapat terus memberikan ASI sambil mulai memberikan makanan pendamping yang tepat.

Sakit gigi adalah rasa sakit yang terjadi pada gigi atau jaringan yang terkait dengan gigi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kerusakan pada gigi, infeksi, atau masalah pada jaringan penyangga gigi. Sakit gigi dapat terjadi pada gigi manapun, termasuk gigi depan, gigi taring, atau gigi geraham.

Banyak obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Namun ada beberapa obat sakit gigi yang dapat membahayakan bayi. Sehingga hal ini menjadi penting untuk diketahui ibu menyusui. Secara detailnya akan diulas oleh sahabat daun di bawah ini.

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Menyusui

Daun.id

sumber; pixabay.com

Tidak setiap jenis obat sakit gigi dapat dikonsumsi ibu menyusui. Sebab beberapa obat sakit gigi dapat masuk ke dalam ASI dan mempengaruhinya. Sehingga perlu memerhatikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya atau dikonsultasikan dengan dokter. Selain itu juga disarankan untuk digunakan malam hari ketika bayi sudah tidur, berikut ini obat sakit gigi ibu menyusui:

1. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat sakit gigi yang dapat digunakan oleh ibu menyusui. Obat ini tergolong dalam kelompok non-steroidal antiinflammatory drugs (NSAID). Ibuprofen dapat digunakan untuk meredakan peradangan hingga rasa nyeri. Kandungan yang memasuki ASI ini sangat sedikit, bahkan hampir tak terdeteksi.

Bagi ibu menyusui yang memiliki riwayat penyakit maag dan asma. Jika dipaksakan dapat menyebabkan kondisi sakit gigi terasa menjadi semakin parah. Sebeluum mengonsumsi obat ini, sebaiknya juga memerhatikan kekuatan dosisnya. Untuk ibu menyusui disaarankan mengonsumsi dosis 400 mg, setiap 6 jam.

2. Antibiotik

Ibu menyusui dapat menggunakan obat antibiotik mengobati sakit gigi. Obat-obatan jenis antibiotik memiliki beberapa ragamnya, seperti berikut ini:

- Aminopenisillin

- Sefalosporin

- Metronidazol

- Makrolida

- Asam klavulanat

- Penicilloin

Penggunaan obat antibiotik untuk ibu menyusui disarankan dengan menggunakan kandungan dosis rendah. Sebelum menggunakan obat jenis ini, konsultasikan dengan dokterr terlebih dahulu untuk mendapatkan resep.

3. Paracetamol atau acetaminophen

Paracetamol merupakan obat pereda nyeri yang dapat digunakan pada saat sedang mengalami sakit gigi atau nyeri pada bagian tubuh lainnya. Dikatakaan tidak membahayakan bayi, lantaran hanya sedikit saja kandungan paracetamol yang masuk ke dalam ASI.

Cara kerja obat ini dapat menghambat produksi hormon prostaglandin, suatu hormon yang menjadi pemicu peradangan hingga rasa nyeri. Dosis paracetamol yang tepat digunakan untuk ibu menyusui ialah 500 mg. Dikonsumsi dua kali dalam sehari.

Demikianlah obat sakit gigi untuk ibu menyusui paling aman dan ampuh, kondisi ibu menyusui harus benar-benar dapat menjaga diri. Sebab kesehatan seorang ibu dapat mempengaruhi kesehatan seorang bayi pula.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya