Filipina Kehilangan Banyak Pemain Utama di Piala AFF 2022, Indonesia Diuntungkan?

"Seharusnya bisa menang dengan mudah."

Sports | 02 January 2023, 12:35
Filipina Kehilangan Banyak Pemain Utama di Piala AFF 2022, Indonesia Diuntungkan?

Tidak masuknya Piala AFF dalam agenda FIFA membuat timnas Filipina kelabakan. Mengandalkan banyak pemain naturalisasi, The Azkals kesulitan mengumpulkan skuad terbaik. Karena itu, ini jadi kesempatan Indonesia untuk meraih kemenangan di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022.

Indonesia akan tandang ke Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023), pukul 19.30 WIB, menghadapi Filipina.

Timnas Garuda mendapatkan banyak keuntungan pada pertandingan ini. Pertama, tuan rumah dipastikan tersingkir setelah menelan kekalahan dari Kamboja dan Thailand. Kedua, Filipina tidak akan diperkuat para pemain terbaiknya, khususnya legiun naturalisasi asal Eropa.

Statistik menunjukkan, ada 11 pemain utama yang tidak memperkuat tim ini karena berbagai alasan. Ada yang tidak dipanggil. Ada juga yang tidak bisa memenuhi panggilan.

Untuk pemain-pemain yang merumput di Eropa, panggilan ke Piala AFF 2022 tidak bisa dipenuhi. Sebab, kompetisi sedang berjalan di Benua Biru. Contohnya, Neil Etheridge di Inggris, Oscar Arribas (Spanyol), atau John-Patrick Strauss dan Gerrit Holtmann (Jerman).   

Selain itu, pemain-pemain yang merumput di Asia juga ada yang absen. Contohnya, Carli de Murga (Johor Darul Ta'zim) yang tidak mendapat izin. Ada juga dua pemain Liga Indonesia, Daisuke Sato (Persib Bandung) dan Mike Ott (Barito Putera).

Tidak hadirnya pemain-pemain itu membuat Filipina tampil buruk di Piala AFF 2022. The Azkals hanya meraih tiga poin dari tiga laga berkat kemenangan 5-1 atas Brunei Darussalam. Padahal, tim ini berhasil mencapai semifinal empat kali pada 2010, 2012, 2014, 2018.

Situasi seperti ini membuat Indonesia seharusnya bisa menang. Bukan hanya tiga poin, pasukan Shin Tae-yong harus mencetak banyak gol untuk memuncaki klasemen akhir Grup A.

Sebab, di laga lain, Thailand akan menjamu Kamboja di Thammasat University Stadium, Bangkok. Kamboja yang mengoleksi enam poin di urutan ketiga, masih mempunyai peluang untuk lolos andai menang atas Thailand. Kamboja diprediksi tampil habis-habisan  untuk mempertaruhkan peluang.

Kini, Thailand dan Indonesia hanya terpaut satu gol. Jadi, jika Thailand mengalahkan Kamboja 1-0, maka Indonesia harus menang 2-0. Jika itu terjadi, selisih gol keduanya sama. Tapi, Indonesia berhak ke puncak dengan aturan fair play karena Thailand punya satu kartu merah. 

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 17 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya