Paracetamol Obat Sakit Gigi, Ketahui Kandungan dan Manfaat Lainnya

"Ketahui kandungan dan manfaatnya, baru mengonsumsi."

Life | 03 January 2023, 16:40
Paracetamol Obat Sakit Gigi, Ketahui Kandungan dan Manfaat Lainnya

Pada umumnya sakit gigi merupakan suatu keluhan masalah yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Bahkan saat sakit gigi datang, beberapa ada yang diiringi dengan rasa sakit kepala. Kondisi ini dapat terjadi lantaran disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari terjadinya kerusakan gigi yang diakibatkan infeksi virus dan bakteri.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan ialah dengan memberikan obat pereda nyeri. Dalam pasaran bebas terdapat beragam obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri maupun peradangan. Namun hanya ada beberapa saja yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Selain itu untuk mengobati sakit gigi yang terjadi, kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Terjadinya sakit gigi harus segera diatasi agar tidak mengganggu beberapa aktivitas. Seperti halnya mengunyah makanan, berbicara, hingga beberapa aktivitas lainnya. Terkadang ada yang memilih paracetamol untuk mengobati sakit gigi. Kira-kira efektifkah obat ini? Mari kita ketahui kandungan dan manfaatnya secara detail di bawah ini.

Paracetamol Obat Sakit Gigi

Daun.id

sumber; pixabay.com

Paracetamol merupakan jenis obat yang digunakan untuk meredakan demam dan nyeri yang terjadi. Selain itu obat ini terkadang juga diresepkan untuk mengobati sakit gigi. Namun sebelum menggunakannya, kita perlu mengetahui kandungan yang terdapat di dalam paracetamol serta manfaat lainnya. Berikut kandungan dan manfaat paracetamol:

1. Paracetamol Kaplet

Paracetamol jenis kaplet memiliki kandungan paracetamol sebanyak 500 mg. Dijual dalam bentuk strip, setiap satu strip berisi sepuluh kaplet. Termasuk golongan obat bebas.

2. Paracetamol Drops

Paracetamol jenis drops di dalamnya terdapat kandungan paracetamol 60 mg/0.6 ml. Satuan penjualannya menggunakan botol tetes dalam kemasan per botol tetes @15 ml. Termasuk golongan obaat bebas.

3. Paracetamol Infus

Paracetamol jenis infus terdapat kandungan paracetamol sebanayak 1 g/100ml. Satuan penjualannya ialah vial; flexy bag dengan kemasan vial @100 ml; flexy bag @100 ml. Termasuk golongan obat bebas.

4. Paracetamol Sirup

Paracetamol jenis sirup memiliki kandungan paracetamol sebanyak 120 mg/5 ml. Satuan penjualan yang digunakan ialah botol dalam kemasan per botol @60 ml. Termasuk golongan obat bebas.

5. Paracetamol Tablet

Paracetamol jenis tablet memiliki kandungan paracetamol sebanyak 500 mg. Satuan penjualan yang digunakan ialah strip; botol dengan kemasan per strip @10 tablet.Termasuk golongan obat bebas.

Pada saat penggunaan paracetamol sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Untuk mendapatkan resep, baru kemudian menggunakannya. Selain itu ada beberapa manfaat paracetamol lainnya:

- Paracetamol dapat bermanfaat untuk meredakan demam.
- Paracetamol dapat memberikan manfaat nyeri ringan hingga sedang.
- Paracetamol juga dapat bermanfaat untuk digunakan mengendalikan kadar gula darah daan menjaga fungsi otot.
- Memiliki sifat antioksidan yang diperkirakan dapat menjaga kesehatan otak dan jantung.

Demikianlah manfaat lainnya dari paracetamol obat sakit gigi. Sebelum penggunaan obat paracetamol sebaiknya melalui resep dari dokter terlebih dahulu.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya