Ibuprofen Obat Sakit Gigi, Ampuh dan Aman

"Pahami dosis dan aturan pakainya sebelum menggunakan."

Life | 03 January 2023, 17:40
Ibuprofen Obat Sakit Gigi, Ampuh dan Aman

Ibuprofen adalah obat yang termasuk dalam kelompok obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID). Obat ini biasanya digunakan untuk mengurangi nyeri, demam, dan inflamasi. Ibuprofen dapat ditemukan dalam beberapa bentuk, termasuk tablet, kapsul, cairan, dan gel.

Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit punggung, dan menstruasi yang tidak teratur. Ibuprofen juga dapat digunakan untuk mengurangi demam yang disebabkan oleh flu atau demam biasa. Namun, ibuprofen tidak dianjurkan untuk digunakan pada orang yang memiliki riwayat alergi terhadap obat NSAID lainnya atau riwayat ulser lambung.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan ibuprofen jika Anda memiliki riwayat kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Ibuprofen juga sering digunakan untuk meredakan nyeri yang terjadi pada gigi. Untuk menggunakan obat ini kita perlu mengenal dosis dan beberapa hal lainnya.

Ibuprofen Obat Sakit Gigi

Daun.id

sumber; pixabay.com

Ibuprofen merupakan salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Tahukah Anda, ibuprofen ini tersedia dalam beberapa jenis sebagai berikut;

- Kapsul
- Tablet
- Sirup

Untuk ibuprofen dengan jenis tablet dan kapsul sebaiknya diletakkan pada tempat yang kering dan terhindar dari cahaya matahari secara langsung. Sedangkan ibuprofen dalam bentuk sirup sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin.

Aturan pakai ibuprofen obat sakit gigi:

- Dosis maksimal pemaakaian dalam satu hari ialah 3.200 mg, jangan menggunakan melebihi batas maksimal yang ditentukan.

- Untuk minum obat jenis ibuprofen, sebaiknya diminum setelah makan. Efek dari ibuprofen dapat menyebabkan perut terluka.

- Ketika sakit
benar-benar sudah terasa sembuh. Segera hentikan pemakaian ibuprofen obat sakit gigi.

- Harus melalui pengawasan dokter, jika ibuprofen digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

- Saat penggunaan ibuprofen sirup, sebelum dikonsumsi harus dikocok terlebih dahulu botolnya.

- Jika sakit gigi ringan atau tidak seberapa, cukup gunakan dosis 200 mg/hari.

Demikian aturan pakai yang dapat digunakan untuk ibuprofen. Penting untuk diketahui, jika kita menggunakan tanpa resep dari dokter.

Selain itu kita juga harus mengetahui anjuran dosis yang tepat pada saat menggunakan ibuprofen. Berikut ini anjuran dosis yang sesuai:

- Untuk balita di bawah 6 bulan, kita tidak dapat menggunakan atau menentukan secara langsung tanpa resep dari dokter.

- Untuk anak-anak di atas 6 bulan, pada usia tersebut penggunaan ibuprofen harus memperhatikan berat badan anak. Ikuti anjuran dari dokter, umumnya 10 mg/kg setiap 6-8 jam sekali atau 40 mg/kg per hari.

- Untuk remaja dan usia dewasa, dosis yang digunakan pada usia ini ialah 200-400 mg setiap 4-5 jam. Hal ini menyesuaikan dengan rasa sakit yang dialami. Dalam hal ini batasan dosis maksimal ialah 3.200 mg/hari (melalui resep dari dokter).

Demikianlah ibuprofen obat sakit gigi yang ampuh dan aman untuk digunakan. Jika masih ragu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya